makanan yang mengandung antioksidan tinggi

ZEDDO.ID – Menjaga kesehatan tubuh itu amat penting baik bagi pria maupun wanita, khususnya bagi mereka yang selalu aktif bergerak setiap harinya tentu memerlukan tubuh yang sehat agar aktivitas sehari-harinya tak terganggu. Untuk menjaga kesehatan tubuh, maka kita perlu yang namanya makanan yang mengandung antioksidan tinggi guna menangkal radikal bebas dan berbagai macam penyakit lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang mengandung antioksidan tinggi itu penting dan amat dibutuhkan oleh tubuh kita. Maka dari itu, kita disarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang seimbang. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang perlu anda konsumsi :

Bit merah
Makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang pertama ialah bit merah atau red beet. Berdasarkan SELF Nutrition Data, bit merah ini adalah sumber berbagai nutrisi yang baik, seperti kalsium, serat, folat, zat besi, serta antioksidan. Pada 100 gram bit merah ini mengandung sekitar 1,7 mmol antioksidan, dan jenis antioksidan yang ada pada bit merah ini ialah antioksidan yang bisa disebut betalains. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan tubuh, sampai mencegah terjadinya risiko kanker.

Kol ungu
Selanjutnya, makanan yang mengandung antioksidan tinggi lainnya yaitu kol ungu. Ada juga yang menyebut ini sebagai kubis merah dan makanan ini tinggi akan antioksidan lho. Dikutip dari Nutrition Journal pada tahun 2010, kol ungu ini mengandung 2,2 mmol antioksidan berjenis antosianin pada setiap 100 gram kol ungu ini. Hal ini berarti bahwa kandungan antioksidannya jauh lebih tinggi empat kali daripada kol yang biasa pada umumnya.

Sayur bayam
Sayur bayam juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi lho, makanan favorit tokoh kartun Popeye ini sangat berkhasiat dan mengandung sejumlah nutrisi seperti mineral, kaya akan kandungan vitamin, serta adanya antioksidan. Diketahui pada 100 gram sayur bayam ini mengandung 0,9 mmol antioksidan yang berjenis lutein serta zeaxanthin.

Kedua jenis antioksidan ini bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan organ mata. Selain daripada itu, sayuran hijau ini juga kaya akan kandungan folat yang mampu mencegah stres berlebih, rasa kelelahan, depresi, hingga masalah insomnia.

Buah nanas
Selain sayuran, makanan yang mengandung antioksidan tinggi lainnya yang perlu kita konsumsi ialah buah-buahan seperti buah nanas. Buah nanas ini juga dikatakan kaya akan antioksidan serta vitamin C. Dalam satu buah nanas saja dapat mengandung sekitar 78,9mg vitamin C. Maka dari itulah mengkonsumsi buah nanas ini dapat membantu kita dalam menangkal radikal bebas yang ada di sekeliling tubuh dan menjaga sistem daya tahan tubuh kita.

Jambu biji
Siapa disini yang suka dengan buah jambu yang satu ini? Ternyata buah yang satu ini merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi lho. Buah jambu biji merupakan sumber alami antioksidan tubuh karena mengandung vitamin C hingga 377mg dalam satu buahnya saja. Disamping itu, buah jambu biji ini juga kaya akan serat dan diduga-duga kandungan seratnya jauh lebih tinggi daripada buah jeruk.

Nah, itu dia kira-kira beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang perlu kita konsumsi. Tidak melulu makanan yang ada di daftar saja, namun setidaknya selingi sesekali makanan diatas karena manfaat antioksidannya yang tinggi dan baik bagi tubuh kita.