cara menjaga keharmonisan rumah tangga

ZEDDO.ID – Bagi mereka yang siap berumah tangga tentunya penting dong untuk menjaga kemesraan dan keharmonisan dalam rumah tangga. Meski demikian banyak yang tidak paham bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Akibatnya tidak sedikit juga pasangan suami istri yang tidak atau kurang harmonis rumah tangganya.

Pentingnya keharmonisan dalam rumah tangga

Saat seseorang telah memutuskan keluar dari status “lajang” dan menikah, itu artinya siap menempuh kehidupan baru yang berbeda dari sebelumnya ia jalani. Hidup tidak lagi sendiri, dan tentunya akan ada setiap hal baru yang akan dirasakan, termasuk masalah baru yang belum pernah dialami sebelumnya.

Penting bagi seseorang yang ingin berumah tangga atau sudah berumah tangga untuk menjaga keharmonisannya. Dengan begitu satu sama lain akan semakin erat dan bahagia, setiap masalah yang datang pun bisa diatasi bersama-sama. Jika Anda penasaran bagaimanakah cara menjaga keharmonisan rumah tangga, simak artikel ini baik-baik.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga

Untuk memiliki rumah tangga yang harmonis, berikut ini beberapa poin hal yang perlu Anda perhatikan. Terkadang hal-hal inilah yang luput dari perhatian satu sama lain sehingga keharmonisan rumah tangga meredup. Disimak baik-baik ya!

Miliki hubungan komunikasi yang baik
Hal paling utama dalam hubungan rumah tangga ialah komunikasi yang baik. Setiap rumah tangga yang harmonis tentunya memiliki komunikasi yang baik. Jangan samakan pasangan Anda seperti pada saat masih di masa pacaran yang bisa seenaknya Anda abaikan. Karena sudah berstatus sebagai pasangan yang sah, selalu jaga komunikasi dengan baik dengannya. Intinya jangan lupa komunikasi, kapan saja dan dimana saja Anda berada.

Jangan ada kekerasan fisik, ingat!
Nah, poin ini yang kadang bisa terjadi di dalam suatu hubungan rumah tangga yang berakhir pada keharmonisan yang redup, bahkan terjadinya keretakan dalam rumah tangga. Semarah apapun Anda terhadap pasangan, tidak boleh adanya kekerasan. Perlakuan seperti ini tidak hanya menimbulkan perasaan sakit secara fisik saja, melainkan juga psikis pasangan Anda.

Setiap perbuatan kekerasan yang pernah terjadi tentu bisa menjadi sebuah trauma bagi pasangan, dan keharmonisan rumah tangga yang dulu pernah ada akan hilang karenanya. Jika memang Anda tidak suka, cukup katakan dan jangan membentak apalagi sampai melakukan kekerasan terhadap pasangan ya.

Selalu bersyukur atas sesuatu hal
Terkadang satu sama lain melupakan hal ini, yaitu rasa syukur atas apa yang dimiliki. Anda juga perlu menanamkan rasa bersyukur atas apa yang Anda peroleh hingga saat ini, termasuk bersyukur memiliki seseorang yang kini menjadi pasangan Anda. Jika Anda bisa bersyukur dengan itu semua, pastinya pasangan Anda akan lebih bahagia dan keharmonisan rumah tangga tetap terjalin.

Membuat keputusan yang matang
Ada masa-masa sulit yang membuat Anda dan pasangan stres dan emosional, namun jangan buat sebuah keputusan hanya berdasarkan emosi sesaat saja. Pikirkan dampak positif dan negatif yang akan didapat dari keputusan tersebut dan pikirkan apa yang terbaik. Membuat keputusan dengan baik dan matang dapat menjaga keharmonisan rumah tangga Anda tetap terjaga.

Bersikap terbuka dengan pasangan
Salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga agar tetap terjalin dengan baik ialah dengan selalu bersikap terbuka terhadap pasangan Anda, tanpa ada satu hal kecil yang disembunyikan. Menyembunyikan suatu hal pada pasangan hanya akan menjadi bom waktu saja yang akan meledak dan merusak keharmonisan dalam rumah tangga Anda.

Jika memang ada suatu masalah atau suatu hal yang tidak membuat perasaan Anda nyaman, maka katakanlah pada pasangan Anda. Mungkin saja pasangan Anda bisa menjadi teman ngobrol dan menjadi tempat konsultasi terhadap masalah yang tengah Anda alami.

Jadi bagaimana, sudah paham bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga itu? Sebenarnya memang mudah untuk dikatakan, namun dalam hal prakteknya mungkin tidak akan semudah itu. Tapi hal-hal diatas merupakan hal utama yang mendukung keharmonisan rumah tangga agar tidak rusak dan hancur.