air seni berbau tajam

ZEDDO.ID – Air seni atau urine merupakan cairan sisa yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh dan umumnya memiliki warna kuning pucat hingga jernih. Namun pada beberapa kondisi ada juga hal dimana air seni berbau tajam yang berbeda daripada yang umum.

Apabila air seni berbau tajam, air seni berbau amis, dan yang lain sebagainya maka bisa dikarenakan berasal dari makanan yang sebelumnya dikonsumsi ataupun sebuah tanda dari penyakit tertentu.

Penyebab Air Seni Berbau Tajam

Yang menjadi bahan utama pembuatan air seni atau urine ialah air, dan sisanya merupakan limbah yang terdiri dari racun maupun sisa metabolisme tubuh yang sudah disaring oleh organ ginjal didalam tubuh. Sementara bau dari air seni itu dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kandungan pada air seni tersebut, seperti kadar air dan sisa metabolisme dan racun didalamnya.

Air seni berbau tajam bisa dikarenakan kadar airnya yang rendah namun kandungan zat sisa maupun racun didalamnya tinggi, akibatnya saat buang air kecil akan menimbulkan aroma atau bau yang menyengat. Berikut ini juga beberapa kondisi yang bisa menimbulkan air seni berbau tajam atau menyengat :

Usai konsumsi makanan atau obat
Masalah air seni berbau tajam dan menyengat juga bisa dikarenakan oleh konsumsi makanan tertentu, seperti halnya makanan jengkol yang memiliki kandungan senyawa sulfur alami sehingga memicu air seni berbau menyengat.

Disamping itu juga, obat dan vitamin tertentu juga bisa memicu seseorang memiliki air seni berbau menyengat. Contohnya suplemen vitamin B yang dapat memengaruhi bau air seni, dan masalah ini akan hilang dengan sendirinya setelah zat penyebab bau telah keluar seluruhnya dari tubuh.

Usai minum kopi
Usai seseorang minum kopi maka akan menyebabkan air seni berbau, hal ini dikarenakan sisa zat yang berasal dari kopi ini di tubuh nantinya akan dipecah dan diproses lalu menimbulkan air seni berbau. Minum kopi ini juga bisa membuat seseorang sering buang air kecil dan membuat seseorang semakin kekurangan cairan tubuhnya, risiko dehidrasi pun meningkat.

Akibat Kondisi Tertentu

Timbulnya air seni berbau yang dialami juga bisa dikarenakan kondisi tertentu pada tubuh yang perlu diketahui, berikut ini beberapa diantaranya :

Mengalami dehidrasi
Masalah dehidrasi merupakan salah satu alasan kenapa seseorang mengalami air seni berbau, pada saat buang air kecil dan mengalami air seni yang berubah warna dan berbau maka itu merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan cairan atau singkatnya dehidrasi.

Semakin tubuh merasa dehidrasi, maka air seni yang dikeluarkan akan semakin pekat warnanya dan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Segera penuhi kebutuhan cairan tubuh harian Anda agar menghindari hal ini dengan minum air putih yang cukup.

Infeksi saluran kemih
Salah satu tanda dari gangguan infeksi saluran kemih ini ialah adanya rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil, selain itu air seni berbau menyengat juga tanda lainnya yang ikut menyertai. Akibat infeksi saluran kemih ini juga terkadang bisa menimbulkan adanya darah dalam urine yang dikeluarkan.

Penyakit Diabetes
Masalah kadar gula darah yang tinggi pada para pengidap diabetes juga bisa menimbulkan air seni berbau manis. Bau manis ini layaknya cairan yang memiliki kandungan gula, jika mengalami hal ini maka perlu periksa segera ke dokter.

Penyakit Hati
Adanya gangguan pada fungsi hati bisa ditandai pada air seni berbau menyengat dengan warna air seni yang lebih gelap bahkan bisa menyerupai warna teh.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan air seni berbau tajam yang dialami seseorang, yuk kenali kesehatan tubuh kita dengan melihat warna urine dan baunya.