air seni berwarna merah seperti darah

ZEDDO.ID – Timbulnya darah saat sedang buang air kecil membuat air seni berwarna merah seperti darah atau bisa sedikit kecoklatan. Pada dasarnya hal ini tidak normal karena kondisi yang normal ialah tidak mengandung darah sedikitpun, terkecuali bagi wanita yang sedang haid atau menstruasi.

Air Seni Berwarna Merah Tanda Penyakit Apa?

Kondisi dimana air seni berwarna merah seperti darah ini disebut hematuria, dan ini bisa dikarenakan berbagai kondisi, mulai dari masalah penyakit ginjal, adanya infeksi saluran kemih, hingga kanker prostat yang dialami pria. Gangguan hematuria ini pada umumnya dialami tanpa terasa sakit, kecuali adanya gumpalan darah yang menyumbat saluran kemih pria sehingga memicu rasa sakit. Maka dari itu, guna mencegah komplikasi lainnya yang berbahaya, segera cek dan periksakan ke dokter apabila mengalami air seni berwarna merah seperti darah.

Gejala Hematuria

Gejala dari hematuria yang bisa dilihat ialah terjadinya perubahan pada air seni berwarna merah seperti darah, atau kecoklatan yang dikeluarkan saat berkemih. Namun jika jumlah darah yang masuk tidak terlalu banyak, kemungkinan warna urine tidak akan mengalami perubahan. Gejala lainnya yang bisa terjadi tergantung pada penyebab utama hematuria ini, gejala lainnya tersebut bisa berupa sering buang air kecil, atau sulit buang air kecil, juga terasa nyeri perut di bagian bawah.

Penyebab Hematuria

Terjadinya air seni berwarna merah seperti darah bisa dikarenakan oleh beberapa faktor yang beragam, berikut ini diantaranya :

  • Terjadinya infeksi saluran kemih.
  • Adanya batu saluran kemih, atau batu kandung kemih.
  • Terjadinya pembesaran kelenjar prostat.
  • Penyakit kanker, seperti kanker ginjal, kanker kandung kemih, ataupun kanker prostat.
  • Mengalami kelainan darah, seperti hemofilian, dan anemia sel sabit.

Seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan air seni berwarna merah seperti darah ini ialah jikalau mengalami gangguan infeksi atau usai melakukan olahraga yang intensitasnya tinggi seperti lari marathon.

Pencegahan Hematuria

Gangguan air seni berwarna merah seperti darah ini memiliki penyebab yang beragam, maka dari itu mungkin akan sulit untuk mencegahnya. Akan tetapi ditinjau secara umumnya, tindakan yang bisa dilakukan untuk menghindari hematuria ini ialah diantara berikut :

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi.
  • Kurangi konsumsi makanan yang tinggi kadar garam.
  • Penuhi kebutuhan hidrasi harian, minum yang cukup.
  • Hindari kebiasaan sering menahan rasa ingin buang air kecil.
  • Hindari atau berhenti kebiasaan merokok.
  • Menjaga berat badan tubuh yang ideal.

Jadi, kondisi dimana air seni berwarna merah seperti darah saat buang air kecil itu bisa menandakan masalah serius dan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan menghindari masalah serius lainnya.