ZEDDO.ID – Permasalahan pada alat vital pria tidak hanya mengganggu kepuasan seksual saat berhubungan saja, tetapi juga dapat mengganggu kenyamanan dalam kehidupan sehari-harinya. Tidak hanya wanita saja yang memiliki masalah pada area intimnya, tetapi begitu pula dengan pria, salah satu masalah tersebut ialah timbul kemerahan pada alat reproduksi pria. Lalu apa kira-kira penyebab kemerahan tersebut ?

Sama seperti pada kulit anggota tubuh lainnya, alat vital juga bisa mengalami kemerahan ini dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Jika memang tengah mengalami hal ini, sebaiknya tidak asal menebak dan langsung konsultasikan ke dokter.

Penyebab Alat Vital Pria Kemerahan

Sebelum beranjak untuk berkonsultasi, hal yang sebaiknya dilakukan ialah dengan mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja hal yang menyebabkan alat vital pria jadi kemerahan atau bahkan meradang. Berikut ini diantaranya :

Sering Masturbasi
Masturbasi merupakan salah satu hal yang lumrah dan wajar dilakukan oleh pria, dan bahkan sejumlah penelitian mengatakan bahwa masturbasi ini menyehatkan. Tetapi beda lagi ceritanya jika terlalu sering, karena jika melakukan masturbasi terlalu sering dapat mengakibatkan bagian batang alat vital pria jadi iritasi.

Asisten Dosen Urologi dan Kebidanan di NYU (New York University), Dr Seth Cohen mengatakan bahwa iritasi karena seringnya masturbasi dapat mengakibatkan timbulnya kemerahan pada alat reproduksi pria, selain itu juga menjadi kering dan terasa seperti ditarik. Maka dari itu, jangan terlalu sering masturbasi dan penting untuk dikontrol.

Infeksi Jamur
Jamur pada area organ intim memang bukan hal yang mengejutkan, infeksi jamur atau kandidiasis ini dapat mengakibatkan timbulnya ruam merah pada area alat vital pria. Pada umumnya hal ini terjadi dikarenakan kebersihan alat vital pria yang tidak dijaga. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa dikarenakan infeksi jamur yang ditularkan oleh pasangan.

Balanitis
Mungkin jarang yang mengetahui tentang balanitis ini atau memang tidak tahu sama sekali, balanitis ini merupakan salah satu kondisi yaitu dimana bagian kepala alat vital pria terjadi pembengkakan. Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang belum disunat, dan kondisi balanitis ini merupakan pembengkakan yang tidak normal. Pembengkakan ini terjadi dikarenakan adanya infeksi atau masalah kulit yang kronis.

Dermatitis Kontak
Dermatitis kontak ini merupakan suatu keadaan dimana iritasi pada alat vital pria terjadi karena paparan kulit pada bahan penyebab iritasi. Umumnya gejala ini membuat alat vital pria menjadi kemerahan dan terasa gatal. Iritasi ini terjadi pada umumnya karena setelah menggunakan sabun atau produk perawatan kulit lainnya yang belum teruji sebelumnya.

Tinea Crusis
Tinea crusis ini merupakan salah satu masalah pada alat vital pria yang disebabkan oleh jamur. Hanya saja secara spesifiknya ini dikarenakan pakaian yang basah atau lembab karena keringat. Akibat dari penyakit ini bukan hanya sekedar kemerahan saja, melainkan juga ruam dan sensasi terbakar. Dan ini tidak hanya terjadi pada alat vital pria saja, melainkan juga dapat terjadi pada paha dan bagian bawah perut juga.