arti metabolisme tubuh dan fungsi metabolisme

ZEDDO.ID – Berbicara tentang metabolisme tubuh, pastinya sudah tak asing lagi karena sudah sering dibicarakan, tapi apakah Anda paham dengan baik arti metabolisme tubuh itu sendiri? Dan tahukah Anda lebih dalam mengenai apa yang dimaksud metabolisme dan fungsi metabolisme pada tubuh seseorang?

Arti Metabolisme Tubuh

Oke, mari kita bahas dari arti metabolisme tubuh itu. Jadi apa yang dimaksud metabolisme itu? Metabolisme ini merupakan suatu proses pengolahan pada tubuh, yaitu proses diolahnya zat gizi yang dikonsumsi atau yang masuk ke tubuh untuk dirubah menjadi energi. Energi inilah yang nantinya akan dibutuhkan seseorang untuk beraktivitas sehari-harinya, mulai dari bernapas, berpikir, sistem fungsi tubuh, dan aktivitas yang dilakukan sehari-harinya.

Jadi bisa dikatakan bahwa arti metabolisme tubuh merupakan proses yang mengkonversi gizi dari makanan yang dikonsumsi untuk menjadi energi atau tenaga sehari-hari. Dan ada ribuan reaksi metabolisme di tubuh yang terjadi secara bersamaan guna menjaga sel-sel di tubuh tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik. Baca Juga : Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh yang Rusak.

Fungsi Metabolisme Tubuh

Setelah mengetahui jelas apa arti metabolisme tubuh, maka selanjutnya ialah membahas tentang fungsi metabolisme tubuh manusia. Kira-kira apa sajakah fungsi metabolisme itu?

Jadi fungsi metabolisme yang ada didalam tubuh seseorang ialah untuk bernapas, mengalirkan darah ke seluruh tubuh, menjaga dan meregenerasi sel-sel tubuh, mencerna makanan yang dikonsumsi, mengatur suhu tubuh, menjaga sistem fungsi otak serta saraf, dan mengeluarkan kotoran yang ada di tubuh melalui air seni dan feses.

Namun, adapun hal-hal yang dapat memengaruhi fungsi metabolisme tubuh ini dalam membakar seberapa banyak kalori tubuh dan menghasilkan energi. Karena tingkat metabolisme ini dipengaruhi oleh hal-hal ini :

Usia Meningkatnya usia seseorang berpengaruh pada kecenderungan menurunnya jumlah otot di tubuh dan meningkatnya jumlah lemak. Inilah yang menyebabkan fungsi metabolisme terhambat dalam membakar kalori dan menghasilkan energi tubuh.

Ukuran tubuh seseorang Tingkat metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh ukuran tubuh seseorang tersebut, pada seseorang yang memiliki badan besar dan berotot bisa memiliki fungsi metabolisme yang lebih besar dalam membakar energi, termasuk saat sedang beristirahat. Hal ini karena jaringan otot lebih aktif dalam proses metabolisme tubuh daripada jaringan lemak.

Hormon Metabolisme tubuh ini juga diatur oleh hormone tiroid. Maka dari itu fungsi metabolisme akan meningkat dan menurun seiring dengan kondisi hormon ini yang lancar atau terganggu produktivitasnya.

Kondisi suhu tubuh Sistem fungsi metabolisme tubuh juga secara alami akan naik dengan sendirinya pada saat suhu tubuh mengalami penurunan saat tubuh kedinginan ataupun mengalami hipotermia. Kenaikan metabolisme tubuh ini agar suhu tubuh kembali ke tingkat normalnya dan organ di dalam tubuh bisa tetap bekerja secara optimal.

Jadi itu dia pembahasan singkat pada artikel ini tentang arti metabolisme tubuh dan fungsi metabolisme tubuh tersebut.