Apa itu Ejakulasi dan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

ZEDDO.ID – Seringkali kita mendengar kata-kata seperti ejakulasi atau ejakulasi dini, namun yang menjadi masalah ialah kita sendiri belum sebetulnya paham tentang apa itu ejakulasi sebetulnya ? Dan apakah hal tersebut merupakan sesuatu hal yang buruk ? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Ejakulasi ?

Berdasarkan pengertiannya, ejakulasi merupakan sebuah keadaan dimana seseorang pria yang berejakulasi atau sedang orgasme dan mengeluarkan cairan semen (sperma). Hal ini umumnya terjadi dikarenakan organ reproduksi pria yang ejakulasi tersebut mendapat stimulan atau rangsangan seksual yang mengakibatkan terjadinya ereksi dan berejakulasi. Bahkan ejakulasi ini juga bisa terjadi pada saat kondisi pria sedang tertidur yang disebut sebagai mimpi basah.

Lalu apa maksudnya dari kata ejakulasi dini ?

Seperti dijelaskan maksud dari ejakulasi sendiri merupakan sebuah kondisi dari organ seksual pria yang berejakulasi dan mengeluarkan cairan yang disebut sperma. Jadi, maksud dari ejakulasi dini sendiri adalah proses ejakulasi ini yang berlangsung terlalu cepat atau terlalu dini, contohnya ejakulasi sebelum berhubungan seksual seperti saat sedang foreplay, atau saat baru melakukan penetrasi ke organ seksual wanita. Persamaannya ialah pada tahap dimana pria tidak dapat mengontrol orgasmenya.

Apakah ejakulasi dini itu buruk ?

Setiap pria dewasa dipastikan pernah mengalami yang namanya ejakulasi dini dan itu wajar, namun hal tersebut menjadi tidak wajar apabila sering mengalami ejakulasi dini ini. Salah satu dampak negatif dari hal ini ialah tidak tercapainya kepuasan seksual dalam rumah tangga, baik bagi pasangan maupun si pria itu sendiri.

Gangguan saat ejakulasi seperti ejakulasi dini ini memang tidak terlalu membahayakan kesehatan pria. Namun memang masalah seksual ini dapat mengganggu hubungan seksual dengan pasangan dan mengganggu keharmonisan rumah tangga seseorang. Dan seiring berjalannya waktu, hal ini pun dapat mengakibatkan stress dalam hubungan. Selain itu, meskipun tidak membahayakan kesehatan pria, tetap saja dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan fungsi sistem organ seksual pria.

Jenis-jenis Ejakulasi Dini

Pada banyak masalah fungsi seksual, ejakulasi dini adalah satu diantara keluhan yang paling umum dirasakan pria semua umur. Khususnya buat mereka yang rawan alami depresi, disfungsi ereksi, dan mempunyai aspek lain yang sering lepas dari perhatian. Banyaknya pria yang merasakannya beragam pada tiap negara, tetapi paling tidak 1 dari 3 orang pria pernah mempunyai keluhan yang sama serta hadapi kesusahan kala menanganinya.

Ejakulasi dini memiliki dua jenis, yaitu :

  • Gangguan ejakulasi primer, yakni permasalahan ejakulasi yang ada saat seorang pria mulai aktif berhubungan seks. Keadaan ini bisa berlangsung dalam frekuensi yang cukup sering atau bahkan juga setiap saat pria lakukan hubungan intim.
  • Gangguan ejakulasi sekunder, yakni permasalahan ejakulasi yang baru nampak setelah sebelumnya tidak ada masalah apapun.

Gejala Ejakulasi Dini

Secara normalnya gejala ejakulasi dini ini disebabkan karena seseorang tidak mampu dalam menunda ejakulasi lebih dari semenit setelah terjadi penetrasi. Namun hal ini juga bisa terjadi pada saat situasi seksual lainnya, contohnya saat masturbasi. Seorang pria dengan permasalahan seksual umumnya akan mengalami ejakulasi hanya dengan sedikit rangsangan seksual serta tidak mampu mengontrol hal tersebut.

Baca Juga : Cara Memperkuat Organ Vital Pria Secara Alami

Gangguan lainnya terkait dengan ejakulasi ini juga bisa mengakibatkan gejala yang berkaitan dengan perilaku seseorang. Pria dengan masalah seksual ini akan cenderung mengalami penurunan gairah seksual dan enggan berhubungan karena tidak mampu mengontrol fungsi seksual tubuhnya. Hal ini pun pada akhirnya akan membuat pria tersebut merasa malu, dan bahkan stres.

Apa Penyebab Ejakulasi Dini ?

Penyebab ejakulasi dini hingga kini masih belum diketahui secara pastinya, namun sampai saat ini hanya diketahui bahwa pemicunya diduga berasal dari faktor biologis dan psikologis.

Penyebab ejakulasi dini berdasarkan faktor psikologis :

  • Pengalaman seksual, seperti trauma saat berhubungan badan.
  • Gangguan psikologis, baik itu depresi, kecemasan, dan lainnya.
  • Postur fisik yang buruk sehingga menurunkan kepercaan diri.
  • Harapan yang tidak sesuai mengenai performa seksual.
  • Rangsangan seksual yang terlalu berlebihan.
  • Tingkat kepercayaan diri yang rendah.
  • Masalah internal dengan pasangan.

 

Selain itu, berikut ini penyebab ejakulasi dini berdasarkan faktor biologis :

  • Adanya peradangan atau infeksi pada bagian prostat atau uretra.
  • Tingkat neurotransmiter yang tidak normal (abnormal) di otak.
  • Aktivitas refleks yang tidak normal pada sistem ejakulasi.
  • Kerusakan pada sistem saraf karena operasi atau cedera.
  • Tingkat hormon yang tidak normal.
  • Permasalahan pada tiroid.
  • Masalah genetik.

 

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Karena permasalahan seksual ini membuat banyak pria dewasa yang stres dan mencari bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini tersebut. Dalam mengatasi ejakulasi dini ini ada berbagai macam cara, mulai dari mengatasi secara mandiri, menggunakan obat dokter, ataupun mengunjungi psikiater bersama dengan pasangan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan guna mengatasi ejakulasi dini secara mandiri :

Senam Kegel
Senam kegel tidak hanya bermanfaat untuk wanita. Buat pria, senam kegel ampuh jadi teknik menangani ejakulasi dini dengan alami. Ini dapat berlangsung lantaran senam kegel itu menguatkan otot pubococcygeus yang bisa kembalikan kontrol pria pada beberapa seraf rangsangan di area seksual Anda.

Menurut founder NuMale, yaitu dokter Christopher Asandra, M.D. pilihan latihan kegel yakni dengan coba hentikan kencing di tengahnya. Tahan sepuluh detik lalu bebaskan. Otot untuk meredam pipis di tengahnya ini ialah otot yang sama untuk kegel serta ini salah satu langkah menangani ejakulasi awal yang ampuh.

Masturbasi Sebelum Berhubungan
Menurut dokter Gassner, satu diantara teknik ampuh untuk sampai klimaks lebih lama yang pasti jadi metode menangani ejakulasi dini, dengan masturbasi sebelum berhubungan intim. Saat dirangsang untuk kali pertamanya dengan masturbasi, rangsangan kedua pasti semakin lebih kuat dari mulanya, serta klimaks tidak akan berlangsung demikian cepat.

Tetapi, walau ini ialah jalan keluar yang menarik serta ampuh dari langkah menangani ejakulasi dini, sang dokter memberikan catatan bahwa semakin tua umur seseorang, periode refraksi atau potensi untuk ‘bangkit’ saat orgasme pertama, akan condong alami penurunan. Jadi, masturbasi-lah satu atau dua jam sebelum berhubungan seks dengan pasangan.

Menggunakan Kondom
Bila mengalami ejakulasi dini, akan lebih baik bila saat berhubungan seksual memakai kondom. Langkah menangani ejakulasi dini dengan kondom ini dapat dengan simpel menanggulangi ejakulasi dini, sebab kondom memang populer untuk kurangi sensitivitas rangsangan di organ seksual pria. Ditambah lagi, ada banyak brand yang memiliki kandungan bahan kimia yang dapat mereduksi sensitivitas rangsangan dengan signifikan hingga ejakulasi dini tidak berlangsung.

Tetapi langkah menangani ejakulasi dini dengan menggunakan kondom memiliki bahan kimia itu nyatanya dapat kurangi sensitivitas di pasangan , jadi ini akan menyebabkan mengurangi optimalnya kenikmatan seksual yang didapatkan dua belah pihak.

Mengambil Napas yang Dalam
Ambil napas dalam-dalam ialah salah satu langkah menangani ejakulasi dini yang ampuh. Tidak hanya ejakulasi dini, sistem saraf dan kekhawatiran kita dapat lebih tenang cukup dengan ambil napas dalam-dalam. Coba untuk mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, tahan 3 sampai 10 detik, buang melalui mulut. gunakan cara ini sebelum berhubungan seksual dengan pasangan.

Berhenti Saat Ingin Klimaks
Satu diantara jalan keluar dari langkah menangani ejakulasi dini ialah berhenti tepat waktu akan klimaks. Di tengah lakukan hubungan seksual serta akan sampai klimaks, hentikan gerakan hingga klimaks itu tidak berlangsung. Bila perlu, remas pangkal alat penting Anda supaya ereksi tereduksi. Sesudah beberapa menit atau menit, teruskan sesi hubungan intim jikalau butuh ulangi cara ini.

Satu persoalan dari langkah menangani ejakulasi dini dengan berhenti waktu akan klimaks ialah kekecewaan pasangan, serta efek jadi memperburuk kekhawatiran akan performa seksual yang malah akan memperburuk ejakulasi. Tetapi bila langkah menangani ejakulasi dini ini sukses, pelan-pelan Anda akan memperoleh kontrol serta konsentrasi Anda pada klimaks ejakulasi.

Cara mengatasi ejakulasi dini dengan obat-obatan
Satu jenis obat yang dapat digunakan guna mengatasi ejakulasi dini ialah dengan obat SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor), yaitu obat anti depresan. Jenis SSRI yang bisa digunakan guna mengatasi ejakulasi dini ini ialah fluoxetine, paroxetine, dan sertraline. Untuk efek sampingnya tergolong ringan seperti terjadinya mual, diare, atau berkeringat. Hal ini dikarenakan tubuh sedang menyesuaikan diri terhadap obat tersebut selama beberapa minggu. Beberapa pria yang mengalami ejakulasi dini mengaku mengalami kemajuan yang baik setelah menggunakan obat tersebut selama kurang lebih satu hingga dua minggu.

Cara mengatasi ejakulasi dini dengan bantuan Psikiater (konseling)
Sepanjang konseling, pasangan akan didorong untuk bercerita semua permasalahan yang bisa merubah hubungan mereka serta temukan jalan keluarnya bersama dengan pertolongan psikiater. Sesi ini dapat menolong pasangan kurangi kekhawatiran serta menangani depresi. Umumnya dampak konseling akan kelihatan lebih nyata bila di dukung dengan pemberian obat. Tidak hanya meneliti permasalahan yang berlangsung pada pasangan, psikiater akan mengenalkan tehnik latihan untuk tunda ejakulasi.