ZEDDO.ID – Infeksi menular seksual merupakan sebuah penyakit atau infeksi yang dapat menular atau ditularkan melalui hubungan intim (seks). Penyakit menular seksual ini bisa ditandai dengan adanya ruam serta rasa nyeri pada bagian kelamin. Penyakit menular seksual ada beberapa jenis yang diantaranya ialah sifilis, gonore, chlamydia, trikomoniasis, hingga yang paling terkenal yaitu penyakit HIV.

Infeksi menular seksual, seperti namanya yaitu masalah kesehatan dapat ditularkan dan menyebar melalui hubungan intim dengan cara apapun. Penularan ini sebenarnya tidak hanya bisa menyebar melalui hubungan intim saja, melainkan juga melalui tranfusi darah, juga melalui berbagi jarum suntik dengan penderita.

Ciri Ciri Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual atau penyakit menular seksual tidak selalunya memicu gejala, karena itulah banyak orang yang menyadari bahwa dirinya terkena infeksi menular seksual ini setelah terjadi komplikasi atau pasangannya yang mengalami penyakit menular seksual ini. Beberapa gejala infeksi menular seksual ini bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis infeksi yang dialami oleh seseorang tersebut. Akan tetapi pada umumnya dapat berupa :

  • Adanya benjolan, ruam maupun luka di area organ vital.
  • Organ vital terasa gatal dan seperti terbakar.
  • Terasa nyeri saat ingin buang air kecil ataupun saat berhubungan intim.
  • Nyeri perut di bagian bawah.
  • Mengalami demam juga menggigil.
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening ataupun sebuah benjolan di area selangkangan.

 

Macam Macam Jenis Infeksi Menular Seksual

Sifilis
Sifilis ini merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum. Penyakit sifilis ini juga diketahui dengan istilah lainnya yaitu “Raja Singa”, bisa menyebabkan luka di bagian organ vital maupun mulut. Dari luka inilah nantinya penularan dapat terjadi.

Gonore
Gonore merupakan jenis infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Penyakit gonore ini akan mengakibatkan keluarnya cairan pada organ vital juga timbul rasa nyeri saat buang air kecil. Bakteri ini juga diketahui mampu menyebabkan infeksi pada anggota tubuh lainnya bila terjadinya kontak dengan cairan sperma ataupun vagina.

Chlamydia
Infeksi menular seksual ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Chlamydia trachomatis. Seorang pria yang mengalami infeksi penyakit chlamydia ini akan terserang bagian saluran urine pada organ vitalnya, sedangkan pada wanita akan terserang pada bagian leher rahimnya. Penularan infeksi ini bisa terjadi karena luka pada area organ vital.

Trikomoniasis
Penyakit menular seksual trikomoniasis ini terjadi karena parasit Trichomonas vaginalis. Jenis infeksi trikomoniasis ini dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita, selain itu infeksi ini juga dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala sedikitpun. Akibatnya tak jarang seorang wanita tidak menyadari dirinya menularkan penyakit ke pasangan seksualnya sendiri.

Human Papillomavirus (HPV)
Penyakit menular seksual yang satu ini dikarenakan sebuah virus yang bernama HPV. Virus ini akan mengakibatkan timbulnya kutil di kelamin hingga menjadi kanker serviks pada kaum wanita. Gejala kanker serviks stadium awal sering tidak menimbulkan gejala apapun. Penularan infeksi HPV ini dapat melalui kontak langsung dengan penderita.

Infeksi HIV
Virus HIV merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling diwanti-wanti. Virus ini bernama Human Immunodeficiency Virus yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Penyebaran virus ini sendiri dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa pengaman, saling berbagi jarum suntik, transfusi darah, hingga persalinan.

Tinea Cruris
Penyakit menular seksual ini terjadi karena jamur yang menyerang kulit di area organ vital, paha area dalam, maupun area bokong. Infeksi ini ditandai dengan adanya ruam merah serta rasa gatal di bagian kulit yang terinfeksi jamur ini. Penularannya sendiri bisa melalui kontak langsung ataupun menyentuh suatu benda yang telah terinfeksi jamur ini.