kalender masa subur wanita

ZEDDO.ID – Diketahui banyak sekali para wanita yang “penasaran” dengan kalender masa subur mereka, khususnya pada saat ia sedang menjalankan program kehamilan dengan pasangan. Karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa tidak setiap saat berhubungan intim memiliki peluang kehamilan yang tinggi, ada saat saat dimana peluang kehamilan tersebut rendah.

Dan pada saat peluang terjadinya kehamilan rendah ini akan membuat pasutri yang ingin memiliki anak akan terganggu. Sebelum membahas lebih jauh mengenai masa subur wanita, perlu diketahui dulu apa sih kalender masa subur wanita itu ?

Apa Itu Kalender Masa Subur ?

Yang dimaksud kalender masa subur atau kalkulator masa subur wanita ialah hitungan saat saat dimana wanita sedang memasuki fase suburnya, maksudnya ialah kondisi dimana wanita tersebut sedang sangat subur dan fase ini memiliki tingkat peluang kehamilan yang sangat tinggi dibandingkan dengan fase lainnya. Dan kalender masa subur ini membantu para wanita dalam mengetahui kapankah waktu subur mereka tersebut.

Menggunakan kalender masa subur untuk menentukan kapan masa subur wanita sebenarnya tidak sulit, namun harus teliti karena harus mencatat tanggal siklus haid setiap bulannya. Berikut ini cara memakai metode kalender masa subur untuk menentukan waktu subur wanita :

  • Tandai hari pertama menstruasi pada bulan awal.
  • Lalu tandai lagi hari pertama pada periode bulan berikutnya.
  • Hitunglah jumlah total harinya antara tiap siklus menstruasi (jumlah hari antara hari pertama pada setiap periode).
  • Petakan sampai siklus enam bulan atau lebih akan lebih baik.

Selain untuk mengetahui kapan masa subur wanita, ada beberapa manfaat lainnya dari kalender masa subur, yaitu diantaranya :

Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak
Dengan menggunakan kalender masa subur, wanita dapat membantu dalam mendapatkan waktu tidur yang lebih nyaman dan tidur menjadi lebih nyenyak lagi. Disaat menjelang, sedang, dan setelah seminggu menstruasi, suhu tubuh wanita akan meningkat dan akibatnya tidur menjadi kurang nyaman karena pergerakan mata yang lebih cepat dan membuat wanita lebih kesulitan untuk tidur.

Baca Juga : Cara Alternatif Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur

Agar dapat membantu, bisa dengan cara membatasi konsumsi kafein usai tengah hari, rutin olahraga pada pagi dan malam hari, dan tidur pada waktu yang tepat dan dilakukan secara konsisten agar membantu anda mendapatkan ritme tubuh.

Mengelola Kalender Sosial
Kalender masa subur juga bisa dimanfaatkan untuk mengelola jadwal pertemuan dengan teman, dengan menyesuaikan siklus yang sesuai agar tidak terganggu. Sebab ada saat dimana wanita merasa lebih lelah dari biasanya dan cenderung lamban, yaitu pada saat seminggu sebelum menstruasi. Dan ini waktu yang lebih tepat untuk relaksasi sendiri atau dengan me time.

Tunggu hingga saat-saat dimana kadar hormon esterogen dan hormon testosteron meningkat usai beberapa hari memasuki fase menstruasi.

Meningkatkan Kemampuan Kerja
Dengan adanya kalender masa subur wanita ini, para wanita dapat mengetahui kapankah kondisi dimana mereka sedang baik performanya. Berdasarkan seorang ahli psikoterapi yaitu Dr. Harper, beliau menyatakan bahwa wanita cenderung kian produktif pada saat dua minggu dari siklus menstruasi mereka. Namun disaat memasuki minggu ketiga, akan ada penurunan tingkat hormon esterogen dan testosteron pada tubuh wanita usai fase ovulasinya.

Membantu Olahraga Jadi Lebih Optimal
Kalender masa subur dapat membantu para wanita dalam menyinkronisasi siklus menstruasi mereka dengan waktu olahraga mereka. Pada saat minggu kedua, yaitu usai fase menstruasi akan terjadi peningkatan kedua hormon yang disebutkan seperti diatas, dan ini membuat wanita lebih bertenaga dalam berolahraga.