penyakit varises adalah gangguan pada

ZEDDO.ID – Masalah penyakit varises merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi di masyarakat. Dan varises adalah gangguan pada pembuluh darah balik (vena) yang ditandai dengan pembuluh darah yang berwarna biru atau biru gelap. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak artikel ini.

Penyakit Varises

Penyakit varises adalah gangguan pada pembuluh darah vena yang umumnya dikarenakan terjadinya penumpukan darah pada pembuluh darah tersebut. Umumnya penyakit varises ini bisa ditandai dengan adanya sebuah bengkak atau benjolan berwarna ungu atau biru gelap pada pembuluh darah vena ini. Dan penyakit varises ini dapat terjadi dimana saja di seluruh pembuluh darah vena yang ada di tubuh manusia.

Tetapi pada umumya gejala varises ini seringkali terjadi pada bagian tungkai, khususnya pada betis manusia, dimana tekanannya sangat tinggi pada saat berdiri maupun berjalan. Bahkan gejala varises ini juga bisa dirasakan di bagian kerongkongan, panggul, anus, bahkan rahim.

Sebagian besar kasus penyakit varises pada bagian tungkai ini dialami oleh wanita daripada pria. Ada juga faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit varises ini diantaranya ialah :

  • Bertambahnya Usia.
  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Faktor keturunan.
  • Faktor lainnya yang mengharuskan seseorang berdiri terlalu lama.

Penyebab Varises

Penyakit varises adalah gangguan pada pembuluh darah vena yang membengkak akibat terjadinya penumpukan darah di pembuluh darah tersebut. Karena vena berfungsi dalam mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju organ jantung, terdapat sebuah katup didalam pembuluh darah vena ini yang berguna sebagai sebuah pintu satu arah dan jika darah sudah melewatinya maka tidak bisa kembali lagi.

Melemahnya atau rusaknya katup vena ini menyebabkan terjadinya penumpukan darah di vena tersebut yang akhirnya membuat pembuluh darah vena jadi melebar dan membengkak.

Cara Menghilangkan Varises

Untuk bagaimana cara menghilangkan varises itu, dilansir dari laman alodokter hal ini disesuaikan oleh keadaan seseorang tersebut secara keseluruhan, ukuran, tingkat parahnya varises, serta dimana posisi varises tersebut berada. Dan tujuan dari pengobatan ini ialah untuk meredakan gejala varises, dan mencegah agar gejala varises ini tidak bertambah parah, dan menghindari adanya komplikasi seperti luka maupun pendarahan.

Untuk cara menghilangkan varisesnya bisa dengan konsumsi obat dan menggunakan stoking khusus gejala varises, stoking ini disebut dengan stoking kompresi. Dan apabila timbul rasa tidak nyaman ataupun rasa nyeri dari gejala varises ini semakin terasa maka akan direkomendasikan untuk melakukan pembedahan kecil ataupun besar. Contohnya dengan terapi laser atau melakukan pengikatan pembuluh vena apabila gejala varises semakin memburuk atau menimbulkan komplikasi.