Apa itu Spermatogenesis

ZEDDO.ID – Mungkin masih banyak pria diluar sana yang belum familiar dengan kata yang satu ini, yaitu spermatogenesis. Tetapi penting lho bagi para pria untuk tahu dan paham tentang spermatogenesis ini. Jadi pada saat sebelum siap untuk membuahi sel telur pada wanita, sel sperma pria akan memasuki fase proses yang bernama spermatogenesis ini. Mari kita bahas mengenai spermatogenesis lebih lengkapnya di artikel ini.

Apa itu Spermatogenesis?

Spermatogenesis merupakan sebuah istilah dalam dunia medis yang berasal dari dua kata, yaitu spermato (benih) dan genesis (pembelahan). Spermatogenesis diartikan sebagai proses dimana diproduksinya sel sperma (spermatozoa) hingga matang pada organ testis pria. Untuk proses produksinya sendiri, sel sperma diproduksi berlangsung setiap harinya mulai dari seseorang pria memasuki fase pubertas. Sementara sel sperma yang dihasilkan nantinya akan keluar bersamaan dengan air mani yang keluar saat pria berejakulasi.

Hal yang Dapat Menghambat Proses Spermatogenesis

Perlu anda ketahui bahwa meskipun proses spermatogenesis ini bisa terjadi setiap harinya, akan tetapi ada beberapa aktivitas atau faktor yang dapat memengaruhi dan menghambat proses spermatogenesis ini, bahkan buruknya lagi ialah dapat berisiko pada menurunnya kualitas sperma yang dihasilkan. Bagi pria, hal ini akan berdampak pada sulitnya untuk membuahi sel telur dan mendapat keturunan. Berikut ini merupakan beberapa faktor diantaranya yang bisa memicu terganggunya proses spermatogenesis pada pria :

Minuman beralkohol
Alkohol merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu dan menghambat proses spermatogenesis pada pria, dan ini harus diwaspadai khususnya bagi pria yang memang gemar sekali konsumsi minuman beralkohol. Karena selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, sering minum alkohol juga berdampak pada kesehatan seksual pria, salah satunya bagi proses spermatogenesis ini.

Alkohol dapat memengaruhi proses spermatogenesis ini karena berdasarkan penelitian yang dilakukan, alkohol mampu menyebabkan penurunan pada kadar hormon testosteron pada tubuh seseorang pria. Karena penurunan hormon testosteron ini tentu akan menghambat proses pembentukan sperma (spermatogenesis).

Sering merokok
Disamping konsumsi alkohol, umumnya para pria seringkali memiliki kebiasaan merokok setiap waktunya bahkan mampu menghabiskan banyak bungkus dalam satu hari. Padahal kandungan dalam rokok juga mampu menghambat proses pembentukan sperma atau spermatogenesis ini. Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan mengetahui bahwa kebiasaan merokok dapat memicu infertilitas pria dan mengganggu produksi sperma pria, sebab rokok memiliki banyak kandungan zat yang bisa menurunkan kualitas serta kuantitas sperma yang dihasilkan.

Terkena paparan panas
Paparan panas pada area organ testis bisa memicu terjadinya proses pembentukan sperma yang terhambat. Paparan panas ini pun bisa karena berbagai macam hal seperti sering berendam dalam air panas, atau memangku laptop anda, ataupun kebiasaan menyimpan ponsel atau smartphone pada saku celana. Maka dari itulah sebaiknya hindari berbagai macam aktivitas seperti yang disebutkan sebelumnya, karena dapat memicu penurunan kualitas dan kuantitas sperma anda. Khususnya lagi bagi anda yang memang sedang melakukan program kehamilan dengan pasangan anda.

Gangguan varikokel
Penyakit varikokel bisa menjadi salah satu faktor yang mengganggu proses spermatogenesis, varikokel merupakan salah satu gangguan seksual pria yang terjadi pada area organ testis atau skrotum. Timbulnya penyakit varikokel ini bisa mengganggu proses pembentukan sperma pria dan menyebabkan kuantitas sperma yang dihasilkan rendah. Untuk mengatasi penyakit varikokel ini, bisa dengan melakukan tindakan operasi atau pembedahan.

Efek konsumsi obat tertentu
Terganggunya proses spermatogenesis pada pria juga bisa dikarenakan faktor obat-obatan tertentu, ada beberapa obat yang bisa saja mengganggu proses ini seperti obat yang digunakan untuk mengatasi masalah hipertensi seseorang, ataupun obat yang dikonsumsi untuk kemoterapi.

Itu dia beberapa hal mengenai spermatogenesis dan apa-apa saja yang dapat mengganggu proses spermatogenesis pada pria.