air seni berbusa

ZEDDO.ID – Urine atau air seni berbusa memang bisa dialami seseorang, pada umumnya memang air seni atau urine akan memiliki warna yang jernih atau agak kekuningan tergantung pada asupan sehari-harinya. Akan tetapi ada juga masalah terjadinya berbusa pada air seni yang dihasilkan, dan ini bisa saja menjadi indikasi dari masalah serius.

Penyebab berbusa pada air seni

Ada banyak hal yang menyebabkan hal ini, air seni jadi tampak berbusa bisa dikarenakan efek samping dari konsumsi obat tertentu ataupun murni karena adanya penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyebab air seni atau urine seseorang tampak berbusa.

Kecepatan tinggi saat berkemih
Terkadang penyebab terjadinya busa atau buih pada air seni ialah dikarenakan tingkat kecepatan yang Anda lakukan saat berkemih dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan masalah serius. Pada saat air seni terkumpul banyak atau berlebih pada kandung kemih akan membuat pengeluarannya menjadi kian lebih kuat kecepatannya.

Mengalami dehidrasi
Air seni juga bisa berbusa karena seseorang mengalami dehidrasi yang membuat air seni menjadi lebih pekat dan terkonsenterasi. Air seni seperti ini cenderung berbusa dan Anda bisa mengatasi hal ini dengan penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Adanya protein pada urine
Urine juga dapat berbusa diakibatkan adanya kandungan protein pada air seni yang keluar sehingga membuat air seni menjadi berbusa. Salah satu penyebab terjadinya hal ini ialah adanya kerusakan pada organ ginjal, sehingga protein tidak tersaring dan ikut masuk kedalam urine yang akan keluar saat berkemih.

Organ ginjal merupakan organ yang bertugas untuk menyaring limbah dari sisa metabolisme tubuh dan limbah berlebih dalam darah lainnya untuk kemudian dibuang melalui urine saat pria buang air kecil. Gangguan pada ginjal ini termasuk kronis yang disebut sebagai proteinuria, gangguan ini disebabkan oleh masalah hipertensi ataupun diabetes yang tidak terkontrol dengan baik.

Terjadinya infeksi saluran kemih
Terjadinya infeksi pada saluran kemih juga bisa menimbulkan adanya busa pada air seni atau urine yang dihasilkan saat berkemih. Umumnya hal ini juga disertai beberapa kondisi lainnya seperti merasa nyeri saat buang air kecil, merasa tidak tuntas saat buang air, hingga urine menjadi kemerahan. Jika Anda mengalami hal semacam ini maka perlu tindakan lebih lanjut ke dokter.