ciri ciri kanker payudara

ZEDDO.ID – Jika berbicara mengenai kanker payudara, umumnya pasti yang terpikirkan di benak pasti identik dengan wanita. Namun jangan salah, bahwa kanker payudara juga bisa dialami oleh pria lho! Meskipun kasusnya cukup jarang dan tidak sebanyak pada wanita, tetapi kanker payudara pada pria tetap bisa terjadi. Sedikitnya dari 1.000 diagnosis ada 1 orang yang mengalami kanker payudara ini.

Kanker Payudara Pada Pria Dewasa

Gejala dan ciri ciri kanker payudara memang tidak banyak orang tahu dan cenderung mengabaikan hal tersebut. Di Amerika sendiri, terdapat sekitar 2.500 kasus baru tiap tahunnya dan hampir sekitar 500 pria yang meninggal dunia per tahunnya akibat penyakit kanker payudara ini.

Karena kanker payudara pria yang jarang terdeteksi diawal dan berbahaya ini, penting bagi anda sebagai seorang pria untuk tahu dan paham apa saja tanda dan ciri ciri kanker payudara. Berikut ini beberapa ciri ciri kanker payudara pada pria yang perlu anda ketahui :

Adanya benjolan aneh di sekitar puting
Ciri ciri kanker payudara pada pria yang paling umum ialah adanya benjolan aneh yang muncul di sekitar puting. Baik pada pria dan wanita memang akan mengalami hal ini, namun bagi pria tentu akan mudah untuk mengetahui benjolan ini. Lakukan pemeriksaan secara berkala, jika memang ada benjolan aneh baik sakit atau tidaknya harus segera diperiksakan ke dokter. Karena dikhawatirkan itu merupakan tumor yang sedang tumbuh dan nantinya menjadi sel kanker yang menyebar kemana-mana.

Keluarnya cairan dari puting
Ini merupakan salah satu ciri ciri kanker payudara ini baik pada pria maupun wanita, yaitu dimana keluarnya cairan aneh atau abnormal dari payudaranya. Terkadang pula cairan ini memiliki aroma yang cukup busuk dan dapat keluar berkali-kali, terutama disaat kondisi tubuh sedang tidak baik. Cairan yang keluar ini merupakan tanda bahwa kanker mulai masuk stadium lanjut, untuk itulah segera periksakan dan dapatkan pengobatan agar sel kanker tidak menyebar ke mana-mana.

Adanya perubahan pada areola
Pria yang mengalami kanker payudara akan menunjukkan ciri ciri kanker payudara yang satu ini, yaitu terjadinya perubahan signifikan pada areola. Areola akan berwarna lebih gelap daripada warna pada umumnya, perubahan ini mudah diidentifikasi jika hanya terjadi pada satu sisi payudara saja.

Terjadi pembengkakan pada kelenjar limfa
Ciri ciri kanker payudara lainnya yaitu pembengkakan pada kelenjar limfa atau bisa disebut getah bening. Pembengkakan yang terjadi ini bisa dilihat dengan jelas pada bagian dekat ketiak dengan adanya perubahan warna yang cukup mencolok.

Terjadi perubahan kulit di sekitar payudara
Adanya perubahan kulit di sekitar payudara juga merupakan ciri ciri kanker payudara, kulit akan menjadi lebih kasar dari biasanya dan cenderung bersisik. Tidak menutup kemungkinan juga terjadinya rasa gatal yang amat tinggi. Jika memang tidak memiliki masalah kulit di sekitar dada dan mengalami rasa gatal yang parah, segera periksa ke dokter.

Kanker payudara yang dialami pria juga sama seriusnya seperti halnya kanker payudara pada wanita. Untuk itu perlu diwaspadai karena meski berbahaya, namun bisa dicegah sejak dini jika ditangani segera.