cara melancarkan peredaran darah

ZEDDO.ID – Sistem peredaran darah sangat penting dalam tubuh manusia, karena pada peredaran darah ini mengandung kadar oksigen dan nutrisi yang harus dialirkan menuju ke seluruh jaringan sel di tubuh. Dan semua organ di tubuh termasuk juga jaringan sel terhubung oleh pembuluh darah kecil hingga pembuluh darah besar (utama). Karena terkadang peredaran darah di tubuh juga bisa tidak lancar, penting untuk mengetahui cara melancarkan peredaran darah.

Akibat dari sistem peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, contohnya seperti pembuluh darah yang tersumbat, masalah hipertensi, hingga jantung yang berat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika peredaran darah yang tidak lancar atau tersumbat di bagian otak, bisa menyebabkan risiko stroke meningkat, sedangkan jika pada peredaran darah di jantung, dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Bagaimana Cara Melancarkan Peredaran Darah

Terdapat beragam cara melancarkan peredaran darah yang ampuh dan bisa diterapkan dengan mudah. Karena memang penting untuk menjaga sirkulasi darah di tubuh, ada banyak masalah penyakit yang disebabkan oleh masalah pada sirkulasi darah ini. Dan berikut ini cara melancarkan peredaran darah yang mudah untuk anda lakukan sehari hari :

Konsumsi Makanan yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Cara melancarkan peredaran darah yang paling mudah ialah dengan konsumsi makanan sehat yang mampu menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Konsumsi sayuran hijau, delima merah, hingga cabai yang memiliki kandungan NO (nitric oxide) atau nitrat oksida mampu memperlebar pembuluh darah di tubuh sehingga peredaran darah menjadi lebih efektif dan darah mampu mengalir lancar. Anda juga bisa meningkatkan produksi nitrat oksida ini dengan konsumsi ubi bit merah, kacang kenari, atau kunyit. Disamping itu, anda juga bisa membantu menjaga kesehatan peredaran darah dari masalah kolesterol dengan konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, seperti pada ikan. Makanan yang kaya akan antioksidan tinggi juga dapat melindungi pembuluh darah di tubuh dari serangan radikal bebas di udara.

Tidak/ Berhenti Merokok
Salah satu cara melancarkan peredaran darah ialah dengan menghindari kebiasaan merokok. Hal ini karena dalam sebatang rokok mengandung berbagai macam bahan aktif yang berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah, salah satunya ialah nikotin. Salah satu bahaya dari nikotin ialah mampu menyebabkan kekentalan dalam darah dan mengganggu peredaran darah menjadi mengental dan tersendat. Hal ini berlaku pada berbagai macam jenis rokok, baik itu rokok tradisional maupun rokok elektrik.

Berolahraga Rutin
Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi orang yang ingin membakar lemaknya saja, karena berolahraga ini bermanfaat untuk apa saja, termasuk peredaran darah. Pada saat seseorang berolahraga, contohnya seperti lari pagi, maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen dan jantung akan memompa darah lebih banyak sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan berolahraga dengan rutin juga dapat memperlebar pembuluh darah tubuh dan bekerja dengan lebih baik.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Alami Dengan Mudah

Menghindari Stres Berat
Masalah psikis seperti stres berat sangat tidak baik untuk kesehatan, salah satu cara melancarkan peredaran darah ialah dengan menekan tingkat stres ini. Sebab disaat seseorang mengalami stres berat maka pembuluh darah di tubuhnya akan semakin menyempit dan sirkulasi darahnya menjadi terganggu. Memang stres itu tidak bisa anda hindari, namun anda perlu menurunkan tingkat stres anda tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan seperti bermeditasi, atau hal hal positif lainnya yang anda sukai untuk menaikkan tingkat mood anda.

Jaga Berat Badan Tetap Ideal
Menjaga berat badan itu penting dan menjadi cara melancarkan peredaran darah. Karena berat badan yang tidak terkontrol akan memicu terjadinya obesitas, dan ini akan mengganggu sistem peredaran darah. Selain itu obesitas ini juga memicu terjadinya penumpukan plak di dinding pembuluh darah dan berisiko pada terjadinya penyakit stroke, penyakit jantung koroner, hingga serangan jantung mendadak. Hindari hal ini dengan konsumsi makanan sehat dan rendah lemak.

Mengetahui cara melancarkan peredaran darah memang penting, terutama juga pada area organ vital, peredaran darah yang tidak lancar pada organ vital dapat menyebabkan gangguan seksual seperti disfungsi ereksi yang mengganggu kehidupan rumah tangga anda dengan pasangan.