cara-mengetahui-masa-subur-pria

ZEDDO.ID – Untuk pria mungkin sebagian belum tahu bahwa bukan cuma wanita yang memiliki masa subur, melainkan pria juga memiliki masa subur lho. Lalu bagaimana cara mengetahui masa subur pria itu? Hal ini akan kita ketahui di artikel ini.

Untuk cara mengetahui masa subur pria sebenarnya mudah untuk dipahami dan tidak sesulit yang Anda pikirkan. Mengetahui kapan masa subur pria itu penting guna meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan, dan cara mengetahui masa subur pria ini beda ya dengan cara mengetahui masa subur pada wanita.

Masa Subur Pria Dewasa

Jadi untuk cara mengetahui masa subur pria ini bisa diketahui dari kualitas dan kuantitas sperma pria yang dihasilkan. Apabila kondisi kesehatan sel sperma yang diproduksi baik, maka seorang pria dikatakan subur dan berpeluang besar dalam membuahi sel telur pasangannya.

Sementara itu, ciri-ciri pria subur secara fisik juga ditandai dengan kesehatannya yang baik, memiliki berat badan yang ideal dengan kadar hormon testosteron yang cukup. Jadi untuk para pria disarankan untuk aktif berolahraga agar dapat menjaga kesuburannya. Berikut ini cara mengetahui masa subur pria yang bisa diperhatikan :

Kualitas dan kuantitas sel sperma
Cara mengetahui masa subur pria tentu dilihat dari kualitas sel sperma yang diproduksi, seperti tingkat kekentalannya yang perlu diperhatikan. Jika mengalami sperma encer terus menerus maka perlu menghubungi dokter.

Selain dari kualitas sperma yang dihasilkan, cara mengetahui masa subur pria juga dilihat dari kuantitasnya. Kuantitas sperma itu berpengaruh pada kesuburan pria, kuantitas sperma yang dinilai kurang baik umumnya dialami oleh para pria yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Baca Juga : 5 makanan kesuburan pria yang baik.

Gaya hidup tak sehat ini seperti kebiasaan tidur larut malam, jarang berolahraga, banyak konsumsi junk food, dan sebagainya yang membuat produktivitas sel sperma ini kian menurun. Untuk idealnya, dalam sekali ejakulasi itu pria mengeluarkan air mani yang didalamnya terdapat 15 juta sel sperma per mililiternya.

Jika kurang dari jumlah tersebut, maka peluang terjadinya kehamilan akan menurun dan ini akan menyulitkan pria untuk membuahi pasangan.

Motilitas sel sperma
Selain kuantitas sperma yang dihasilkan, cara mengetahui masa subur pria juga dilihat dari motilitas atau pergerakan sel sperma pria. Karena ini merupakan kemampuan sel sperma dalam bergerak didalam vagina dan membuahi sel telur pasangan.

Hormon testosteron
Cara mengetahui masa subur pria lainnya ialah dari kadar hormon testosteron yang dimiliki. Hormon ini sangat berkaitan dengan kesuburan pria dan gairah seksual pria, selain itu hormon testosteron ini amat diperlukan perannya dalam membentuk sperma pria.

Diketahui pula bahwa jika hormon testosteron ini kekurangan atau berlebihan bisa mengganggu proses pembentukan sperma pria dan mengganggu kesuburan pria.

Sementara mengetahui bagaimana cara mengetahui masa subur pria, kira kira adakah makanan untuk meningkatkan kesuburan pria? Tentunya ada dong! Berikut ini beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa Anda masukkan ke menu makanan sehari-hari :

  • Gandum utuh.
  • Kacang dan biji-bijian.
  • Sayuran hijau.
  • Makanan laut.
  • Tiram.
  • Telur.
  • Jamur.

Jadi kira-kira seperti itulah bagaimana cara mengetahui masa subur pria dan termasuk juga ragam makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa kita ketahui.