akibat duduk terlalu lama

ZEDDO.ID – Dalam bekerja, ada dua jenis yang umumnya pria lakukan dalam mencari nafkah sehari-harinya, yaitu secara indoor atau outdoor. Jika bekerja secara indoor umumnya dilakukan oleh pegawai kantoran yang sering duduk terlalu lama di depan monitor mereka selama berjam-jam. Berbeda dengan pekerja outdoor yang sering bergerak secara fisik yang mudah membuat lelah tubuh karena membakar stamina sepanjang waktu.

Akibat Duduk Terlalu Lama yang Perlu Diwaspadai

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai jenis pekerjaan indoor dimana pria bekerja dengan cara duduk terlalu lama di depan monitor mereka sehari-harinya. Akibat duduk terlalu lama salah satunya bisa ditandai dengan timbulnya rasa pegal atau sakit pada bagian pinggang dan punggung belakang. Nah, berikut ini ulasan lengkapnya mengenai akibat duduk terlalu lama bagi pria.

Terjadinya kenaikan berat badan
Menurut penelitian, melakukan banyak aktivitas atau aktif bergerak akan membuat tubuh membakar lemak untuk dijadikan energi. Dengan begitu walau belum makan sama sekali, tubuh masih mampu bekerja karena energi didapat dari cadangan lemak yang ada di dalam tubuh. Namun jika aktivitas sehari-harinya hanya duduk terlalu lama di depan monitor dari pagi hingga sore hari, maka aktivitas yang dilakukan akan minim memakan energi jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja secara outdoor. Akibatnya lemak yang ada di tubuh tidak akan terolah menjadi energi dan menumpuk di dalam tubuh, selain itu metabolisme tubuh pun turut menurun.

Bagian kaki jadi melemah
Akibat duduk terlalu lama setiap harinya dalam bekerja membuat pria kehilangan kekuatan maksimal pada bagian kakinya. Karena otot di kaki tidak bekerja dengan maksimal sebab jarang dipergunakan yang membuat mereka tidak kuat berjalan dalam jangka waktu yang lama bahkan pada suatu momen bisa saja pria kehilangan kekuatan pada kakinya yang membuatnya mudah terjatuh pada saat berlari. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya manfaatkan waktu setidaknya 15 menit setiap harinya untuk berjalan kaki atau lari pelan (jogging).

Meningkatnya risiko nyeri pungggung
Masalah yang umum terjadi pada pria yang sering duduk terlalu lama ialah merasakan rasa sakit atau nyeri pada pinggang belakang dan area punggung. Salah satu pemicu hal ini ialah karena posisi duduk yang tidak benar, seperti posisi yang kifosis atau lordosis yang membuat pinggang dan punggung jadi sakit. Untuk menghindari hal ini, bisa dengan memberikan ganjalan pada bagian belakang pinggang seperti bantal atau sesuatu yang membuat nyaman, sementara itu lakukan juga relaksasi setelah duduk terlalu lama. Contohnya saja seperti berdiri dan berjalan kaki sebentar usai duduk terlalu lama selama 2 jam bekerja.

Gangguan pada organ jantung
Berdasarkan studi yang dilakukan, diketahui bahwa akibat duduk terlalu lama setidaknya selama 23 jam lebih dalam satu minggu dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung hingga sebanyak 64 persen. Maka dari itu salah satu langkah preventif yang bisa anda lakukan ialah olahraga di akhir pekan dan pada jam kosong, jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Meningkatnya risiko diabetes
Selain masalah nyeri pada pinggang dan punggung, akibat duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan risiko terkena diabetes meningkat. Karena pekerjaan indoor yang sering duduk terlalu lama akan membuat para pria rentan alami kegemukan, tentunya masalah kegemukan atau obesitas ini erat kaitannya dengan masalah diabetes karena masalah gula darah yang cenderung tinggi.