Bahaya Obesitas

ZEDDO.ID – Bahaya obesitas memang tidak hanya merusak penampilan fisik saja, melainkan mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Seorang pria yang mengalami masalah kegemukan atau obesitas ini tidak hanya mengganggu kesehatan karena tumpukan lemaknya itu saja, tetapi juga dapat mengganggu fungsi sesksual juga. Secara umum, masalah kegemukan ini menyebabkan metabolisme tubuh jadi melambat, bahkan bisa memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung contohnya.

Beberapa Bahaya Obesitas Terhadap Fungsi Seksual Pria

Selain penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, bahaya obesitas juga mengganggu fungsi seksual pada pria dewasa. Bahaya obesitas lainnya yang perlu anda pahami ialah menurunnya kadar hormon testosteron pada pria yang bisa dikatakan cukup signifikan, adanya penurunan kinerja otot, hingga terjadinya penurunan kualitas sperma yang dihasilkan. Selain hal tersebut, berikut ini beberapa bahaya obesitas terhadap fungsi seksual pria :

Gangguan pada prostat
Bahaya obesitas yang perlu diketahui ialah adanya gangguan pada prostat pria, hal ini dikarenakan pria dengan obesitas umumnya memiliki masalah pada tumpukan lemak pada bagian perut dan bokongnya. Dan tumpukan lemak ini akan menekan area prostat pria sehingga bisa menyebabkan terjadinya iritasi bagi pria yang cukup mengganggu. Dengan adanya gangguan pada prostat semacam ini bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit yang menyiksa pada saat ejakulasi terjadi.

Penurunan libido yang signifikan
Dampak atau bahaya obesitas yang terakhir ialah terjadinya penurunan libido yang cukup signifikan pada pria dewasa. Hal ini terjadi karena masalah kegemukan ini akan memicu produksi hormon testosteron yang menurun produktivitasnya. Karena libido pria yang menurun ini dapat menyebabkan kualitas dan kuantitas seks menjadi turun.

Baca Juga : Obesitas Dapat Menurunkan Kualitas Sperma ?

Disfungsi ereksi
Bahaya obesitas yang bisa dialami seorang pria ialah masalah disfungsi ereksi, sulitnya mendapatkan ereksi ini membuat para pria dengan masalah kegemukan ini kesulitan untuk melakukan penetrasi mendalam. Bahkan pada sebagian pria yang bisa ereksi, mereka tidak mendapatkan ereksi yang maksimal dan mudah loyo atau gampang melemah ereksinya karena adanya gangguan aliran darah di area organ vital.

Ejakulasi dini
Masalah ejakulasi dini juga merupakan hal yang menjadi dampak atau bahaya obesitas pada fungsi seksual pria dewasa. Masalah ejakulasi dini ini terjadi karena adanya gangguan fungsi pada pelvis, sebagaimana otot pelvis ini berperan dalam mengatur ejakulasi pada seorang pria dan jika mengalami gangguan maka kenikmatan seksual pun akan menurun.

Bahaya Obesitas Terhadap Fertilitas Pria (Kesuburan)

Selain mengganggu fungsi seksual, ada hal lain yang perlu dipahami dari bahaya obesitas atau kegemukan yang lainnya, yaitu mengganggu kesuburan atau fertilitas pria. Bahaya obesitas diketahui mampu menyebabkan terjadinya penurunan hormon testosteron di tubuh secara signifikan atau instan. Dan akibat penurunan ini secara tidak langsung akan menyebabkan sperma yang dihasilkan akan menurun. Berdasarkan beberapa riset yang dilakukan, diketahui bahwa jumlah atau konsentrasi sperma pada setiap mililiter air mani pria menurun pada pria yang mengalami obesitas.

Selain masalah jumlah sperma yang menurun, bahaya obesitas lainnya juga memungkinkan terjadinya penurunan pada motilitas atau kecepatan sperma dalam bergerak didalam rahim. Lebih lanjutnya, pria yang mengalami masalah kegemukan ini juga bisa mengalami gangguan dalam membuahi. Peluang terjadinya keguguran juga meningkat karena sperma yang dihasilkan tidak berkualitas.

Itu dia sebagian bahaya obesitas yang perlu diketahui para pria, jadi bukan hanya mengganggu penampilan saja tetapi membahayakan kesehatan dan mengganggu kehidupan seksual juga.