sistem metabolisme tubuh

ZEDDO.ID – Memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik itu penting, karena tubuh memerlukan energi agar tubuh bisa berfungsi dengan optimal. Proses metabolisme tubuh memiliki peran penting dalam mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi.

Metabolisme itu sendiri merupakan sebuah proses kimia dalam sel tubuh dimana terjadinya pengubahan makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi tubuh. Ada banyak masalah yang bisa ditimbulkan akibat sistem metabolisme tubuh yang buruk, salah satu contoh sederhananya ialah massa otot akan menurun sementara tubuh menyimpan lemak lebih banyak dan mengakibatkan obesitas.

Sistem metabolisme tubuh yang lambat

Selain memberikan suplai energi bagi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari, proses metabolisme juga berfungsi dalam menggantikan setiap sel tubuh yang rusak. Melambatnya sistem metabolisme tubuh seseorang bisa dikarenakan berbagai macam faktor, berikut ini beberapa penyebab umum proses metabolisme tubuh cenderung melambat.

Faktor usia lanjut
Metabolisme tubuh dapat melambat karena sudah memasuki usia lanjut, karena proses penuaan dapat membuat tubuh jadi lebih mudah kehilangan beberapa jaringan tubuh, seperti jaringan otot misalnya. Menurunnya massa otot dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh sekaligus membuat energi menurun untuk beraktivitas.

Kurangnya aktivitas fisik
Berolahraga membutuhkan energi yang jauh lebih banyak sehingga dapat memicu tubuh untuk memulai mekanisme metabolisme. Dengan berolahraga yang rutin, tubuh tidak hanya bisa menjaga massa otot, tetapi juga mempercepat metabolisme usai berolahraga.

Kekurangan kalori tubuh
Kekurangan kalori harian tubuh juga bisa menyebabkan tubuh jadi lebih sedikit menghasilkan energi, akibatnya sistem metabolisme tubuh juga ikut melambat. Jika ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa membuat tubuh kehilangan massa ototnya.

Sering minum alkohol
Minum alkohol terlalu sering juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh melambat, karena selain mengganggu pembakaran lemak di tubuh, minum alkohol terlalu sering juga membuat tubuh menggunakan alkohol sebagai bahan utama energi daripada lemak.

Penyakit tertentu
Adapun beberapa penyakit tertentu yang bisa mengganggu keseimbangan hormon tubuh seseorang, contohnya seperti sindrom cushing juga hipotirodisme. Penyakit ini bisa membuat proses metabolisme tubuh seseorang jadi lebih lambat dari orang normal pada umumnya.

Gangguan metabolisme tubuh

Proses metabolisme dalam tubuh juga terkadang dapat mengalami gangguan, gangguan tersebut bisa dikarenakan penyakit ataupun kondisi tertentu lainnya, berikut ini diantaranya.

Sindrom metabolik
Ini merupakan sekelompok gangguan kesehatan yang dapat terjadi dalam waktu yang bersamaan sehingga membuat proses sistem metabolisme tubuh terganggu/ tidak teratur. Seseorang yang mengalami sindrom ini akan memiliki masalah kesehatan yang tidak sedikit. Masalah kesehatan itu seperti obesitas, diabetes, hipertensi, juga meningkatnya kadar trigliserida dan kolesterol.

Penyakit tiroid
Gangguan metabolisme lainnya ialah karena penyakit dari kelenjar tiroid, yang memiliki peran dalam memproduksi hormon untuk menentukan seberapa cepatnya reaksi kimia metabolisme pada tubuh.

Yang pertama yaitu hipotiroidisme, yang membuat proses metabolisme tubuh lambat lantaran jumlah hormon tiroksin yang diproduksi tidaklah mencukupi. Selain itu ada juga hipertiroidisme, yang akan membuat proses metabolisme kian lebih cepat karena jumlah hormon tiroksin yang diproduksi dalam jumlah terlalu banyak.

Kelainan metabolisme bawaan
Gangguan metabolisme pada kasus tertentu juga bisa dikarenakan oleh kelainan bawaan, contohnya intoleransi fruktosa. Ini merupakan kelainan metabolisme bawaan yang membuat penderitanya tidak mampu mengolah fruktosa. Kelainan metabolisme bawaan yang lainnya yang juga bisa mengganggu metabolisme ialah galaktosemia, yaitu kondisi dimana penderitanya tidak mampu mengubah karbohidrat galaktosa menjadi glukosa.

Itu dia beberapa ulasan tentang sistem metabolisme tubuh yang perlu Anda ketahui.