cara mencegah impotensi secara tradisional

ZEDDO.ID – Salah satu keluhan seksual yang umum yang dialami pria, yaitu impotensi atau disfungsi ereksi. Impotensi ini merupakan suatu gangguan kondisi seksual dimana seorang pria tidak mampu untuk mengalami ereksi atau hanya berlangsung sebentar saja. Ada banyak cara mencegah impotensi yang bisa dilakukan, dengan cara alami tanpa harus konsumsi obat.

Gangguan impotensi pada pria ini memang memiliki faktor penyebab yang beragam, mulai dari masalah gairah seksual yang menurun, komplikasi penyakit diabetes, atau pasca operasi pada area organ vital. Pada dasarnya, impotensi yang dialami seseorang memang tidak mengganggu kesehatan serius bagi penderitanya. Akan tetapi gangguan impoten ini akan mengganggu psikis pria karena mengalami frustasi karena merasa “tidak perkasa” lagi, dan tidak mampu merasa puas saat berhubungan dengan pasangan.

Cara Mencegah Impotensi

Masalah seksual impoten ini diakibatkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya ialah gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Untuk itulah cara mencegah impotensi yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat, mulai dari waktu tidur, pola makannya, serta olahraga dan aktivitas fisik. Berikut ini tips-tips cara mencegah impotensi secara tradisional dan mudah :

Penuhi waktu tidur yang cukup
Cara mencegah impotensi yang mudah dilakukan ialah dengan penuhi kebutuhan tidur sehari-hari. Sebab kurangnya waktu tidur dan pola tidur yang jelek bisa menurunkan kadar hormon testosteron dalam tubuh, sebuah hormon yang dapat memengaruhi ereksi serta gairah seksual pria.

Pola makan yang baik dan bernutrisi
Salah satu penyebab impotensi ialah karena masalah kolesterol dan obesitas. Cara mencegah impotensi akibat kedua masalah ini ialah dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, khususnya makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Karena saat ereksi, penis pria membutuhkan aliran darah yang cukup dan gangguan kolesterol dapat mengganggu aliran darah ke penis jadi terganggu.

Jadi, penting untuk konsumsi makanan sehat untuk mengoptimalkan sistem fungsi organ jantung dan menjaga aliran darah di pembuluh darah seperti sayur bayam dan seledri, cokelat hitam, ragam buah seperti semangka dan buah bit merah, juga kacang kacangan seperti kacang tanah atau bisa juga kacang pistachio. Makanan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi ialah yang dapat meningkatkan libido pria, yaitu tiram, ginseng (terutama ginseng merah), dan kacang almond.

Aktif berolahraga
Disamping konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, cara mencegah impotensi kedua ialah dibarengi dengan olahraga atau aktivitas fisik. Yaitu dengan melatih oto dasar panggul melalui senam kegel agar dapat membantu ereksi lebih optimal dan lebih tahan lama.

Manfaat dari olahraga itu sendiri juga baik untuk membakar lemak dan mendapatkan berat badan ideal, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Semua hal ini berdampak baik bagi mencegah impotensi pria.

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol
Cara mencegah impotensi yang sederhana ialah menghindari kebiasaan ini, yaitu merokok dan minum alkohol. Sebab kebiasaan merokok itu akan mengganggu pembuluh darah, yaitu mempersempit pembuluh darah. Akibatnya aliran darah jadi lebih sulit dan pasokan darah yang dibutuhkan saat ereksi pun tidak terpenuhi. Selain itu, kebiasaan minum alkohol juga dinilai tidak baik bagi kesehatan, termasuk ereksi pria karena bisa menurunkan produksi senyawa nitrogen oksida pada tubuh yang diperlukan guna memperlebar pembuluh darah ketika tengah ereksi.

Jika pada saat ini anda masih melakukan kebiasaan diantara keduanya, mulai berhenti melakukan kebiasan tersebut merupakan cara mencegah impotensi yang mudah dilakukan.