bagaimana cara mengatur pola hidup sehat

ZEDDO.ID – Walau sudah ada informasinya, namun masih saja belum banyak yang paham dan mengerti bagaimana cara mengatur pola hidup sehat itu. Padahal caranya sangat gampang dan mudah dilakukan tanpa memerlukan biaya yang mahal. Manfaat pola hidup sehat ini pun akan dirasakan pada diri sendiri untuk kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan 10 pola hidup sehat yang baik ini Anda bisa menjaga kesehatan yang lebih baik lagi dan bisa meminimalisir datangnya penyakit. Kualitas hidup pun bisa terjaga dengan baik, nah lalu bagaimana cara hidup sehat sederhana yang bisa dilakukan itu? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Pandai memilih makanan yang dikonsumsi
Cara mengatur pola hidup sehat yang pertama ialah mampu memilih makanan yang sehat dan tidak sehat. Untuk menjalani hidup sehat, maka sudah saatnya Anda untuk pandai memilih makanan sehat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian yang seimbang, ada protein, karbohidrat, serat, lemak baik. Disamping itu perhatikan juga porsi makan sehari-harinya, hal ini penting untuk mencegah terjadinya kegemukan yang tidak baik untuk metabolisme tubuh dan memicu penyakit kronis yang mengintai.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam cara mengatur pola hidup sehat ialah bagaimana Anda mengolah makanan tersebut. Hindari kebiasaan mengolah makanan dengan cara digoreng karena akan mengandung minyak dan kolesterol. Sebaliknya cobalah untuk menggunakan cara mengolah lainnya yang lebih sehat lagi, bisa dengan cara dikukus, ditumis, direbus, atau lain sebagainya.

Pastikan olahraga setiap harinya
Sudah jelas cara mengatur pola hidup sehat yang murah ialah berolahraga, dan untuk olahraga ini dibilang murah ya memang karena tidak harus ke gym untuk olahraga. Banyak cara untuk berolahraga, bisa jogging, aerobik, yoga, HIIT, berenang, bersepeda, intinya apapun itu selama Anda menyukainya.

Olahraga merupakan salah satu cara mengatur pola hidup sehat yang penting karena bermanfaat untuk membakar kalori tubuh. Olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah agar tetap baik dan sel-sel di tubuh juga ikut sehat.

Penuhi kebutuhan tidur Anda
Nah, selain makan makanan yang sehat dan berolahraga, cara mengatur pola hidup sehat lainnya ialah penuhi kebutuhan tidur harian. Kekurangan tidur juga menjadi pemicu masalah kesehatan karena bisa menyebabkan masalah darah kental, imunitas menurun, dan insomnia.

Permasalahan kurangnya waktu tidur juga bisa mengganggu keseimbangan hidup seperti, nafsu makan yang menurun, suasana hati (mood), sistem fungsi kekebalan tubuh yang terganggu, dan berat badan yang meningkat.

Perbanyak minum air putih
Tubuh memerlukan air karena lebih dari 50% tubuh itu terdiri dari air, dan cairan tubuh juga bisa menurun seiring aktivitas sehari-hari seperti berkeringat, urine, dan sebagainya. Maka dari itulah cara mengatur pola hidup sehat ialah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghindari terjadinya dehidrasi tubuh.

Kurangi konsumsi gula harian
Salah satu cara mengatur pola hidup sehat itu pastinya dengan konsumsi makan makanan yang sehat dan menghindari yang kurang sehat, salah satunya dengan kurangi konsumsi gula harian. Meskipun makanan yang manis dan mengandung gula itu baik untuk tubuh, namun pada fakta kesehatannya itu tidak disarankan jika berlebihan.

Sebab konsumsi gula yang berlebihan bisa memicu masalah kegemukan dan diabetes. Apalagi bagi Anda yang sudah mengalami masalah diabetes ini tentu dianjurkan untuk mampu mengontrol konsumsi gula harian.

Jika tidak mampu mengontrol bisa berisiko pada penyakit kronis lainnya yang membahayakan kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke, selain itu diabetes juga picu terjadinya masalah kerusakan pada saraf dan masalah seksual pada pria, yaitu disfungsi ereksi. Maka dari itulah, cara mengatur pola hidup sehat ialah dengan membatasi asupan gula harian.

Jika Anda ingin makan makanan manis, lebih baik makan buah saja yang mengandung gula alami yang jauh lebih baik daripada makanan manis lainnya, begitu pula dengan minuman manis buatan yang diganti dengan jus buah tanpa gula tambahan.

Itu dia beberapa tips bagaimana cara mengatur pola hidup sehat yang mudah untuk diterapkan tanpa memerlukan biaya yang besar. Mari kita jaga kesehatan tubuh selalu agar tak mudah jatuh sakit.