cara tes kesuburan pria secara alami

ZEDDO.ID – Masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh kaum wanita saja, tetapi juga dengan para kaum pria. Masalah ketidaksuburan (infertilitas) juga bisa dikarenakan pihak pria yang memicu sulitnya pembuahan. Maka dari itu, bagi para pria itu penting untuk tahu bagaimana cara tes kesuburan pria secara alami, terutama jika memang sedang berpikiran untuk memiliki anak dengan pasangannya. Simak info lengkapnya di artikel ini.

Kesuburan Pria

Pada saat satu pasangan mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan atau anak, seringkali kaum wanita yang dipersalahkan. Padahal ada banyak faktor yang menyebabkannya, salah satunya dari pihak pria. Diketahui sekitar 30-40 persen gagalnya kehamilan itu diakibatkan oleh faktor pihak pria. Untuk pria, ada banyak hal yang menyebabkan kesuburan pria itu terganggu, salah satunya seperti gaya hidup yang tak sehat, hingga masalah infeksi penyakit menular seksual.

Ciri-ciri sel sperma yang subur
Cara tes kesuburan pria secara alami bisa dilihat dari bagaimana kesehatan sel sperma yang diproduksinya. Sel sperma yang sehat dilihat dari bagaimana kemampuan sperma dalam bergerak (motilitas sperma) untuk berenang menuju sel telur wanita. Melakukan sebuah tes kesuburan pria juga bisa membantu mengidentifikasi apakah ada masalah atau gangguan yang memicu pria menjadi tidak subur atau infertilitas ini.

Cara Tes Kesuburan Pria Secara Alami

Setelah mengetahui pernyataan diatas, sudah tahu bukan bahwa masalah gagalnya kehamilan bukan dari faktor si wanitanya saja, tetapi juga dari pria. Berikut ini tips bagaimana cara tes kesuburan pria secara alami yang bisa anda lakukan di rumah.

Cek kondisi alat vital pada pagi hari
Salah satu cara tes kesuburan pria secara alami yang pertama ialah dengan rutin cek kondisi alat vital pada pagi hari. Hal ini dipengaruhi oleh hormon yang ada pada pria, seperti Luteinizing Hormone, testosteron, estrogen, serta Follicle Stimulating Hormone, yang memiliki peranan yang berbeda-beda. Produktivitas hormon yang cukup atau baik akan membuat pria mengalami ereksi dengan sendirinya pada pagi hari. Untuk itulah, cara tes kesuburan pria secara alami ialah dengan mengetahui ereksi tidaknya alat vital pria pada pagi hari.

Kesehatan sperma pria
Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa untuk meningkatkan peluang kehamilan, pria memang haruslah subur yang salah satunya ialah memiliki sperma yang sehat. Cara tes kesuburan pria secara alami ialah dilihat dari kondisi sperma yang dihasilkan, mulai dari tekstur, banyaknya, hingga motilitas sperma yang dihasilkan pria.

Itu dia beberapa tips bagaimana cara tes kesuburan pria secara alami, selalu lakukan gaya hidup sehat untuk menjaga kesuburan pria anda, khususnya bagi anda yang memang sedang dalam program kehamilan dengan pasangan anda.