cara mempercepat metabolisme

ZEDDO.ID – Masalah metabolisme tubuh merupakan salah satu hal yang umum diperbincangkan. Maka dari itulah, ini dia beberapa tips mengenai bagaimana cara mempercepat metabolisme tubuh supaya bentuk tubuh bisa terjaga. Metabolisme tubuh yang lambat tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga bisa memicu gangguan kesehatan nantinya.

Memiliki waktu tidur yang cukup
Tips yang pertama ialah memiliki waktu tidur yang cukup. Sebab kekurangan waktu tidur bisa membuat terjadinya pengurangan pembakaran jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh kita, dapat meningkatkan stres yang bisa menaikkan penimbunan lemak di tubuh, dan memicu rasa lapar. Jadi, cara mempercepat metabolisme ialah dengan memiliki waktu tidur yang cukup.

Aktif bergerak atau rutin olahraga
Cara mempercepat metabolisme yang kedua yaitu tentunya dengan aktif bergerak, seseorang yang tak pernah berolahraga atau jarang bergerak bisa membuat metabolisme tubuh jadi melambat. Maka dari itulah dianjurkan untuk aktif bergerak dan melakukan olahraga guna meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membakar lebih banyak kalori.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan guna mempercepat metabolisme tubuh, seperti olahraga kardio yaitu lari dan senam aerobik, atau olahraga lainnya seperti sepak bola, basket, badminton, bersepeda, dan sebagainya supaya bisa terasa lebih menyenangkan.

Melakukan latihan angkat beban
Salah satu cara mempercepat metabolisme lainnya ialah dengan olahraga angkat beban. Latihan kekuatan ini bukan cuma membakar kalori, tapi juga membantu dalam pembentukan jaringan otot tubuh. Dengan meningkatnya massa otot, maka tingkat metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi.

Banyak asupan protein
Dengan konsumsi banyak asupan protein bisa menjadi satu cara mempercepat metabolisme, ini karena tubuh banyak energi dalam mengolah protein menjadi asam amino agar bisa diserap tubuh. Terlebih lagi makanan tinggi protein ini juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Banyak minum air putih
Salah satu cara mempercepat metabolisme yang cukup mudah ialah dengan minum air putih. Ada juga beberapa riset yang mengatakan bahwa konsumsi air putih, terutama yang dingin itu bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Konsumsi air putih sebelum makan juga ada manfaatnya, karena bisa membuat lebih kenyang dan membantu mengontrol porsi makannya.

Konsumsi makanan pedas
Info menarik lainnya ialah salah satu cara mempercepat metabolisme ialah dengan makan makanan pedas. Karena makanan pedas ini faktanya bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar jaringan lemak. Bukan cuma itu saja, kandungan zat capsaicin pada makanan pedas juga bisa menekan rasa lapar. Namun tentunya dengan catatan konsumsi tidak berlebihan ya, sebab hal ini bisa memicu gangguan pada pencernaan tubuh.

Itu dia beberapa tips bagaimana cara mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga berat badan tubuh agar bisa tetap ideal.