cara mengatasi sperma encer

ZEDDO.ID – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai kenapa terjadinya sperma encer pada pria dan apa yang menjadi penyebab sperma encer tersebut. Dan pada artikel ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi sperma encer yang dialami oleh pria dewasa. Bagi anda yang belum tahu penyebab sperma encer, bisa baca di artikel ini : Kondisi Sperma Encer Pada Pria dan Apa Penyebab Sperma Encer

Sperma Encer Pada Pria dan Kesuburan Pria

Umumnya masalah sperma encer yang dialami oleh pria itu bisa hilang dengan sendirinya karena bersifat sementara waktu saja. Masalah sperma encer yang terjadi umumnya itu karena adanya masalah dalam jumlah sperma yang rendah di bawah normal, atau adanya kondisi lain yang mengganggu kesuburan pria (fertilitas). Gangguan kesuburan memang tidak ditandai dengan menurunnya jumlah sperma, tetapi tentu hal ini akan menyulitkan seseorang dalam mendapatkan keturunan. Berdasarkan National Institute of Child Health and Human Development, kebanyakan masalah kesuburan pria itu dikarenakan adanya masalah yang mengganggu kinerja organ testis pria.

Cara Mengatasi Sperma Encer Pria

Sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dulu untuk mengetahui caranya, yaitu mengetahui apa yang menjadi penyebab sperma encer. Setelah tahu dan memahami penyebabnya, barulah mempelajari cara mengatasi sperma encer yang dialami. Karena cara perawatannya yang berbeda-beda untuk masalah sperma encer yang dialami pria, bergantung pada apa yang menjadi penyebab sperma encer itu sendiri. Misalnya seperti jika penyebab sperma encer dikarenakan infeksi bakteri, maka bisa ke dokter untuk diresepkan antibiotik. Sementara lainnya jika penyebab sperma encernya dikarenakan ketidakseimbangan hormon, maka akan direkomendasikan untuk terapi hormon. Nah, berikut ini juga beberapa cara mengatasi sperma encer lainnya yang bisa dilakukan, yaitu :

Merubah gaya hidup
Pada beberapa kasus sperma encer yang terjadi, dengan melakukan gaya hidup yang sehat bisa membantu dalam meningkatkan jumlah sperma dan merupakan cara mengatasi sperma encer yang mudah dan alami. Untuk perubahan yang dilakukan itu pun sederhana selayaknya apa yang dilakukan sebagai pola hidup sehat yang disarankan, seperti hindari atau berhenti kebiasaan merokok, sebisa mungkin kurangi bahkan berhenti konsumsi alkohol, pastikan tetap berolahraga secara rutin dan teratur, juga pastikan berat badan yang dimiliki ialah berat yang ideal.

Dokter juga bisa saja menyarankan pasien untuk tidak melakukan aktivitas seksual untuk sementara waktu, karena umumnya jika seorang pria sering berejakulasi dan berlebihan, tentu teksturnya akan berubah menjadi cenderung encer jika dibandingkan dengan ejakulasi pertama.

Laparoskopi
Cara mengatasi sperma encer juga bisa dilakukan dengan prosedur yang satu, laparoskopi ini dilakukan guna mendiagnosis ataupun mengobati. Selama prosedur ini berlangsung, seorang ahli bedah akan melakukan proses pembedahan atau menyayat kecil di bagian perut dan memasukkan kamera untuk mencari, memperbaiki, ataupun menghapus varikokel.

Embolisasi perkutan
Cara mengatasi sperma encer lainnya ialah dengan melakukan prosedur yang satu ini, ini merupakan prosedur dimana seorang ahli bedah akan membedah kecil pasien guna memasukkan coil atau ballon pada pembuluh darah yang bengkak, lalu coil tersebut akan dibesarkan agar aliran darah bisa berjalan dan mengembalikan aliran darah dari organ testis.