cara meningkatkan kualitas sperma

ZEDDO.ID – Bagi pasangan suami istri, keinginan memiliki momongan atau sang buah hati tentu hal yang pasti. Dan umumnya setiap pasangan akan disarankan untuk menjalani tes kesuburan terlebih dulu, hal ini guna mengetahui apakah ada gangguan atau tidaknya pada sistem reproduksi, baik pada pria maupun wanita. Dengan begitu jika terdeteksi adanya gangguan atau masalah, bisa segera diatasi dengan terapi ataupun konsumsi obat. Pada artikel ini kita akan menekankan pada kesuburan pria, yaitu bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma dan motilitas sperma supaya pasangan bisa cepat hamil. Mari kita simak selengkapnya di bawah ini :

Masalah Kesuburan Pria yang Bisa Terjadi

Masalah kesuburan pria yang bisa dialami ialah minimnya jumlah air mani yang diproduksi atau dikeluarkan. Pada umumnya dalam sekali berejakulasi pria bisa menghasilkan sekitar 1,5ml sampai 5ml air mani. Dan dialamnya terdapat setidaknya 20 juta sel sperma per milinya. Apabila pria memiliki kadar sperma yang jumlahnya kurang dari itu, kemungkinan mengalami infertilitas.

Sementara itu, pergerakan atau motilitas sperma juga penting bagi pria untuk diperhatikan. Sebab motilitas sperma ini juga menentukan kesuburan pria tersebut, jika pergerakan sperma kurang baik maka akan sulit untuk mencapai ke tuba falopi dan persentase pembuahan tentu menurun.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma & Motilitas Sperma

Salah satu yang menjadi pemicu mengapa sulitnya terjadi pembuahan ialah dikarenakan pergerakan atau motilitas sperma pria yang cukup rendah, sehingga sulit untuk mencapai tuba falopi dan menghasilkan pembuahan. Berikut ini beberapa saran untuk meningkatkan motilitas sperma pria :

Hindari paparan radiasi alat elektronik
Sebaiknya hindari kebiasaan menyimpan alat elektronik seperti ponsel contohnya pada saku celana yang dekat dengan organ reproduksi pria, sebab paparan radiasinya mampu memengaruhi kesuburan pria serta pergerakan sperma pria tersebut. Terlebih lagi dengan menjauhkan alat elektronik dari organ reproduksi pria juga salah satu cara cara meningkatkan kualitas sperma pria dan bisa meningkatkan jumlah sperma pria yang dihasilkan.

Hindari kebiasaan merokok
Mengindari kebiasaan merokok merupakan cara meningkatkan kualitas sperma dan motilitas sperma, karena pada sebatang rokok mengandung berbagai macam radikal bebas yang berbahaya yang mengganggu aliran darah pada organ reproduksi, salah satunya organ testis. Apabila organ testis sudah terkontaminasi oleh racun dari batang rokok yang dikonsumsi maka bukan tidak mungkin jika terjadi gangguan dan tentu akan berdampak pada motilitas sperma pria.

Miliki waktu tidur yang cukup
Memiliki waktu tidur yang cukup selama 7-9 jam merupakan cara meningkatkan kualitas sperma dan jumlah sperma yang dihasilkan. Hal ini dibuktikan dari riset yang menunjukkan bahwa pria yang tidur dengan durasi 7-9 jam bisa meningkatkan peluang terjadinya kehamilan hingga 45 persen.

Hindari konsumsi alkohol
Sama seperti halnya rokok, minuman beralkohol juga disarankan untuk tidak dikonsumsi jika ingin memiliki sperma yang sehat. Menghindari alkohol menjadi cara meningkatkan kualitas sperma sebab banyak faktor kesehatan yang mengganggu akibat konsumsi minuman ini, seperti obesitas dan gangguan dalam peredaran darah.

Tetap aktif bergerak dan olahraga
Cara meningkatkan kualitas sperma yang paling mudah ialah dengan aktif bergerak, berolahraga juga penting guna membuang lemak yang ada di tubuh yang mengganggu aliran darah dan sebagainya. Seseorang yang tidak menjaga kadar lemak dalam tubuhnya dapat mengalami penurunan kualitas sperma, jadi perhatikan juga apa yang dimakan dan tetap berolahraga.

Itu dia beberapa tips bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma dan motilitas sperma pria yang mudah untuk dilakukan.