macam macam gangguan psikologis

ZEDDO.ID – Gangguan psikologis bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Umumnya gangguan psikologis erat kaitannya dengan kondisi seseorang terhadap suatu hal yang dialaminya. Akan tetapi, pada sebagian yang lainnya ada juga macam macam gangguan psikologis yang dialami karena faktor tertentu, bisa karena lingkungan, kebiasaan, faktor genetik, hingga masalah biologis.

Walaupun dalam pandangan fisik seseorang terlihat baik-baik saja, tetapi belum tentu seseorang tersebut tidak memiliki gangguan psikologis. Karena faktanya macam macam gangguan psikologis itu tidak didasari pada kondisi fisik seseorang, melainkan psikologis atau mentalnya, yang artinya kesehatan batin, pola pikir, pandangan, dan moodnya yang terganggu.

Gangguan psikologis ini bukanlah hal yang remeh temeh dan memerlukan penanganan, karena masalah psikologis atau gangguan mental bisa berbahaya sekali. Tidak sedikit kasus kematian akibat gangguan mental, maka dari itu pasien harus segera ditangani sebaik mungkin dan perlu diperiksa oleh tenaga profesional.

Macam Macam Gangguan Psikologis

Berdasarkan catatan secara global, setidaknya ada kurang lebih 264 juta jiwa yang terdampak depresi yang ingin mengakhiri kehidupannya. Pola pikir ingin mengakhiri dirinya sendiri “suicidal thought” ini bisa dikarenakan berbagai macam macam gangguan psikologis, termasuk depresi tadi. Ini beberapa diantaranya macam macam gangguan psikologis :

Depresi/ Stres Berat
Sampai saat ini wanita dikatakan lebih rentan mengalami depresi ini daripada pria, namun pada riset lainnya membuktikan juga bahwa pria yang ternyata jauh lebih mudah atau pria rentan alami depresi ini, khususnya pria yang sudah berkeluarga. Gangguan psikologis ini memang paling mudah untuk diketahui karena bisa dilihat dari raut wajah yang ditampilkan si penderita, bisa berupa sedih, ataupun cenderung kesal, juga tidak memiliki mood atau hasrat untuk melakukan suatu hal, tidak bisa fokus, bahkan terjadinya pola makan dan pola tidur yang tidak beraturan.

Skizofrenia
Macam macam gangguan psikologis yang kedua yaitu skizofrenia. Berdasarkan data global, setidaknya diketahui ada sekitar 20 juta jiwa yang mengalami gangguan psikologis skizofrenia ini. Diketahui seseorang yang mengalami gangguan psikologis ini akan mengalami distorsi persepsi, emosi, pikiran, bahasa, dan perilakunya. Penderita bisa mengalami serangkaian halusinasi dan delusi. Akibatnya, penderita skizofrenia ini akan kesulitan dalam menjalani aktivitas dengan normal.

Gangguan Kepribadian (Kepribadian Ganda)
Macam macam gangguan psikologis juga ada yang namanya kepribadian ganda yang artinya lebih dari satu kepribadian. Seseorang yang memiliki masalah kepribadian ini bisa mengalami perubahan emosi yang cukup drastis, kadang bisa merasa amat bahagia, atau bersemangat, bahkan sedih yang mendalam, dan itu semuanya terjadi secara ekstrem. Berdasarkan catatan WHO, gangguan psikologis ini terjadi pada kurang lebih 45 juta jiwa di seluruh dunia. Dan masalah kepribadian ganda ini perlu bantuan penanganan yang efektif untuk mengontrol tahapan akut serta menghindari berulangnya episode ekstrem tersebut.

Gangguan Psikologis OCD (Obsessive Compulsive Disorder)
Macam macam gangguan psikologis lainnya yaitu OCD atau obsessive-compulsive disorder ini akan membuat pengidapnya memiliki hasrat atau obsesi serta pikiran yang berulang secara konstan. Pikiran ini menimbulkan perilaku yang tidak begitu penting dan tidak beralasan untuk dilakukan. Kebanyakan pengidap gangguan psikologis ini sadar secara nyata, namun merasa sulit untuk menghentikan hal tersebut.

Kecemasan Berlebih
Kecemasan berlebih juga termasuk dalam gangguan psikologis, didalam dunia medis macam macam gangguan psikologis yang kaitannya dengan masalah rasa cemas bisa disebut GAD (Generalized Anxiety Disorder). Rasa cemas yang dialami pun sedikit berbeda, tidak seperti rasa cemas yang dialami pada umumnya yang disertai rasa tegang akibat suatu hal, pada penderita GAD ini akan mengalami rasa cemas berlebihan, bahkan tanpa ada sebab yang jelas.

Hal ini dilandasi juga oleh pikiran mereka yang merasa semuanya tidak berjalan sesuai dengan keinginannya, akibatnya timbullah kecemasan berlebih atau GAD ini. Bahkan pengidap gangguan psikologis ini tak bisa menyelesaikan urusan sederhana.

Autisme
Autisme ini merupakan salah satu macam macam gangguan psikologis pada anak yang dialami hingga remaja ataupun dewasa jika tidak ditangani dengan tepat. Jika gangguan ini tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu fungsi sistem saraf pusat pengidapnya.

Fobia sosial
Macam macam gangguan psikologis pada remaja hingga dewasa yang bisa dialami, yaitu fobia sosial. Seseorang memiliki gangguan psikologis ini akan amat takut pada situasi sosial dan bisa merasa terhakimi jika berada suatu keramaian. Seseorang yang mengalami gangguan psikologis ini akan merasa kesulitan untuk berkenalan dengan orang baru.

Demensia
Berdasarkan catatan WHO (World Health Organization), ada sekitar kurang lebih 50 juta jiwa yang mengalami demensia ini, dan dialami oleh usia lanjut. Demensia ini merupakan satu kondisi yang dialami oleh seseorang yang menua dan mengalami penurunan fungsi kognitif mereka secara ekstrem. Pada dasarnya demensia ini tidak digolongkan sebagai salah satu dari macam macam gangguan psikologis, akan tetapi demensia ini bisa memengaruhi orientasi, bahasa, kalkulasi, hingga kemampuannya dalam mengambil keputusan.

Dan demensia ini sendiri bisa dialami seseorang karena penyakit ataupun cedera yang memengaruhi kinerja otak, contohnya penyakit Stroke, dan juga Alzheimer. Namun pada saat ini telah banyak cara penanganan bagi para lansia yang mengalami demensia ini untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Jadi itu dia beberapa macam macam gangguan psikologis yang bisa dikenali dan diketahui, jaga kesehatan mental agar tetap terjaga dengan menghindari beban masalah yang berlebihan, karena selain mengganggu kesehatan fisik, kesehatan mental anda juga bisa terganggu.