ZEDDO.ID – Ketika pasangan tengah memasuki masa kehamilan, bukan berarti hubungan seks tidak dapat dilakukan. Hanya saja posisi hubungan saat hamil harus diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan calon buah hati dan mengikuti saran dan rekomendasi dari dokter. Memang pada hakikatnya berhubungan seksual dengan pasangan dapat dilakukan kapanpun anda mau meskipun pasangan sedang masa kehamilan, baik itu hamil muda maupun hamil tua. Tetapi bukan berarti anda bisa melakukannya semau anda tanpa memerhatikan kesehatan pasangan dan calon buah hati, karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, salah satunya ialah posisi bercinta. Dan berikut ini beberapa rekomendasi posisi hubungan saat hamil yang aman dan nyaman yang dapat menggairahkan anda berdua dengan pasangan di rumah.

Posisi Misionaris
Posisi misionaris ini merupakan salah satu posisi hubungan saat hamil muda atau pada sekitaran trimester awal kehamilan, disaat perut belum begitu membesar. Dan jika masa kehamilan pasangan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, posisi hubungan seks ini tidak lagi dianjurkan untuk dipilih. Hal ini dikarenakan saat pasangan tengah berbaring telentang, maka rahim akan membesar sehingga menekan pembuluh darah utama dan ini akan menyebabkan alira darah ke calon buah hati akan berkurang. Selain itu, posisi misionaris ini juga bisa menyebabkan pasangan anda merasa pusing maupun napas yang terengah engah karena menahan berat tubuh.

Posisi Woman on Top
Salah satu posisi hubungan saat hamil yang paling aman dan nyaman ialah woman on top. Gaya berhubungan seks ini memungkinkan anda untuk melakukannya dimana saja dan sangat fleksibel, cobalah untuk memosisikan duduk memangku pasangan dan saling bertatapan dimanapun seperti di tempat tidur, sofa, maupun kursi, atau tempat manapun yang nyaman. Posisi woman on top ini akan membuat pasangan anda yang memegang kendali dan lebih leluasa mengatur kedalaman dan kecepatan penetrasi. Agar tidak terjadinya kehilangan kendali tubuh dan terjatuh saat melakukan hubungan seks, mintalah pasangan anda untuk merangkul anda dengan kedua tangannya ataupun anda yang memegangnya erat erat. Posisi ini juga membuat hubungan semakin intim karena saling memandang wajah satu sama lain.

Posisi Doggy Style
Selain posisi woman on top, ada juga posisi doggy style yang juga menjadi salah satu posisi hubungan saat hamil yang paling banyak dipilih. Karena memang mudah untuk melakukan hal ini dan penetrasi pun dapat lebih mudah dan lebih dalam dari belakang. Bahkan posisi seks yang satu ini merupakan salah satu gaya berhubungan intim favorit wanita! Namun ada hal yang perlu diperhatikan bagi para pria, yaitu untuk mengatur ritme dengan baik agar pasangan anda yang tengah hamil pun dapat mendapat sensasi yang nikmat tanpa risiko.

Posisi Spooning
Gaya berhubungan seks spooning menjadi posisi hubungan saat hamil yang terbaik karena gaya berhubungan seks yang satu ini tidak memberi tekanan pada area perut pasangan yang berlebihan jika dibandingkan dengan gaya berhubungan seks yang lainnya. Sangat mudah untuk mempraktekkan gaya ini, yaitu dengan cara berbaring menyamping bagi pasangan dan anda berada di belakang pasangan untuk memberikan penetrasi dari belakang. Salah satu poin utama mengapa gaya berhubungan seks yang satu ini banyak dilakukan oleh pasutri yang pasangannya sedang hamil ialah karena bisa melakukannya sambil berpelukan selama sesi utama.

Selain keempat posisi diatas, cobalah untuk mencari tahu dan variasikan gaya posisi hubungan saat hamil lainnya. Yang terpenting tidak membahayakan pasangan dan juga calon buah hati anda dan memberikan anda dan pasangan kepuasan seksual. Bila terjadi gangguan pada kehamilan segera hubungi dokter.