cemilan sehat bagi kesuburan pria dewasa

ZEDDO.ID – Kesuburan pria penting untuk dijaga agar jangan sampai terjadi penurunan yang menyebabkan terjadinya ketidaksuburan (infertilitas) pada pria. Masalah ketidaksuburan pria bisa memicu menurunnya atau sulitnya pria untuk membuat pasangannya hamil dan mendapatkan keturunan. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan kesuburan pria, karena masalah kemandulan itu tidak hanya dialami bagi kaum wanita, tetapi pria juga.

Masalah ketidaksuburan pria contohnya seperti terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sperma, dan ini membuat sel sperma tersebut tidak bisa menjangkau sel telur wanita karena sudah mati terlebih dulu sebelum sampai ke tuba falopi.

Cemilan yang Sehat Untuk Kesuburan Pria

Dalam menjaga kesuburan pria dan mencegah terjadinya kemandulan pada pria, beberapa hal yang bisa dilakukan ialah dengan menjaga pola hidup sehat. Sebab beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemandulan ialah karena faktor gaya hidup yang buruk yang memicu atau merusak kesehatan sel sperma yang diproduksi. Faktor yang dapat merusak kesehatan sel sperma ialah seperti kebiasaan konsumsi alkohol dan merokok yang bersifat merusak.

Salah satu pola hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan pria ialah dengan berolahraga, terutama bagi pria dengan berat badan berlebih harus menjaga berat badan idealnya. Selain olahraga dan diet untuk mendapat berat badan yang ideal, ada juga beberapa makanan atau cemilan sehat yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan pria dengan menunjang kesehatan sperma, baik kualitas dan kuantitasnya. Berikut ini beberapa makanan diantaranya :

Buah semangka
Cemilan sehat pertama ialah buah semangka, mengkonsumsi buah semangka dapat meningkatkan kesehatan sel sperma dan meningkatkan kesuburan pria. Buah yang memiliki kadar air yang tinggi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mencegah terjadinya dehidrasi tubuh dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Buah semangka memiliki kandungan likopen yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan radikal bebas.

Karena memiliki kandungan antioksidan yaitu likopen yang cukup banyak, hal ini bisa mencegah masuknya radikal bebas yang bisa mengganggu produktivitas sperma terganggu. Dengan begitu, para pria bisa memproduksi sperma dengan baik dan menjaga kesuburan pria.

Buah pisang
Cemilan sehat yang bisa anda konsumsi untuk kesuburan pria yang kedua ialah buah pisang. Selain ada buah semangka, buah pisang ini juga baik untuk kesuburan pria karena kandungan yang ada dalam buah pisang dapat menyuburkan pria dan cenderung memiliki sperma yang lebih berkualitas. Kandungan yang bermanfaat tersebut ialah enzim bromelin, enzim ini berfungsi sebagai anti-peradangan pada tubuh. Namun pada sel sperma, enzim bromelin ini akan membantu sperma agar bergerak lebih cepat dan gesit lagi.

Sementara selain kandungan enzim bromelin, ada juga kandungan lainnya dalam buah semangka seperti vitamin A, B1, serta vitamin C untuk kesehatan kesuburan pria. Vitamin ini semuanya memiliki manfaat dalam melindungi organ testis (skrotum) pada pria. Dengan konsumsi buah pisang, bisa membantu mencegah terjadinya peradangan pada organ testis atau gangguan lainnya pada area vital sehingga produktivitas sperma tetap berjalan dengan baik.

Telur
Cemilan sehat yang juga bisa anda konsumsi untuk menjaga kesuburan pria ialah telur, mengkonsumsi telur sangat baik karena mengandung protein yang cukup tinggi sebagai sumber tenaga bagi sperma. Hal ini dibutuhkan guna sel sperma bisa bergerak dengan baik dan gesit sehingga mampu sampai di sel telur. Pergerakan sperma atau motilitas sperma yang baik sangat menentukan kualitas sperma yang dihasilkan tersebut. Jika 50 persen dari sperma yang dihasilkan bisa bergerak dengan gesit maka peluang terjadinya pembuahan akan besar, dan risiko kemandulan pun menurun.

Cokelat hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate bisa menjadi alternatif cemilan sehat dan lezat, karena cokelat hitam bisa meningkatkan jumlah sperma sehingga membantu kesuburan pria. Mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin juga turut meningkatkan jumlah air mani yang dihasilkan secara signifikan, sehingga meningkatkan kesuburan pria. Hal lain yang diyakini dari mengkonsumsi cokelat hitam ini ialah mampu meningkatkan kemampuan seksual pria.

Dalam hal ini pilihlah cokelat hitam yang tepat, jika memiliki cokelat manis yang seperti di pasaran hanya akan memberikan sedikit manfaat, sementara itu menyebabkan obesitas karena terlalu banyak gula didalamnya. Umumnya cokelat hitam yang bagus tidak terlalu manis dan rasanya sedikit berbeda dengan cokelat batangan pada umumnya yang ada di pasaran yang memang diproduksi untuk sebagai cemilan biasa. Pilihlah cokelat hitam yang tepat dan tidak terlalu manis, perhatikan juga kadar gulanya.

Ikan laut
Selain cemilan sehat seperti buah-buahan, makanan laut juga ada lho yang menyehatkan dan baik untuk kesuburan pria, contohnya seperti ikan laut seperti ikan salmon juga ikan tuna yang kaya akan omega-3. Dengan kandungan omega-3 tersebut mampu meningkatkan kualitas sperma pria, khususnya dalam jumlah sperma yang dihasilkan. Dengan semakin banyaknya sperma yang dihasilkan maka peluang terjadinya pembuahan pun meningkat.

Untuk mengkonsumsinya tidak harus setiap hari, cukup konsumsi ikan laut ini sebanyak 3-4 kali saja dalam seminggunya. Bahkan ada baiknya jika diselingi juga dengan cemilan sehat diatas lainnya yaitu konsumi telur, buah semangka dan pisang, atau juga bisa konsumsi kacang-kacangan.