Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur

ZEDDO.ID – Sebagai seorang wanita yang memiliki masalah masa subur haid yang tidak teratur, tentu merupakan hal yang merepotkan. Apalagi jika saat ini sedang melakukan program ingin punya momongan atau anak dengan pasangannya. Sebab memang menghitung masa subur haid tidak teratur jauh lebih membingungkan daripada mereka yang memiliki masa haid yang teratur.

Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur

Meskipun memiliki masa subur haid yang tidak teratur, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung masa subur haid tidak teratur seorang wanita. Masa subur wanita atau dalam istilah medisnya yaitu ovulasi memang mudah diketahui bagi wanita yang memiliki siklus haid yang teratur. Secara umumnya masa subur terjadi sekitar 14 hari atau dua minggu sebelum hari pertama haid dari siklus haid pada bulan berikutnya. Namun hal ini akan membingungkan jika siklus haidnya tidak teratur, sebab tanggalnya saja sulit untuk diprediksi.

Walau begitu, bukan berarti anda yang memiliki masalah siklus haid seperti ini tidak bisa mengetahui masa subur anda sendiri. Ada beberapa cara alternatif menghitung masa subur haid tidak teratur anda. Beberapa diantaranya yaitu :

Mencatat Siklus Haid Selama 6-12 Bulan Secara Kontinyu
Karena masalah siklus haid yang tidak teratur, maka sebagai seorang wanita anda perlu mencatat siklus haid secara disiplin. Selalu catat tanggal awal kali haid dan akhir kali haid, catat setidaknya sekitar 6 bulan siklus haid anda secara berlanjut. Catatan ini berguna untuk nantinya ditunjukkan kepada dokter agar dapat dianalisa pola siklus haid anda, dengan begitu dokter dapat membantu memprediksi kapan masa subur anda terjadi nantinya.

Perhatikan Lendir Serviks Anda
Pada saat seorang wanita selesai haid, maka akan mengeluarkan lendir dari serviks yang bersifat jernih dan tak berbau. Lendir ini dikenal dengan masalah keputihan yang normal terjadi pada wanita. Dan masa subur wanita dapat ditandai dengan lendir serviks yang cukup encer dan mirip seperti putih telur, lendir serviks ini dapat membantu cairan sperma dalam memasuki rahim untuk membuahi sel telur.

Mengukur Suhu Basal Tubuh Anda
Cara menghitung masa subur haid tidak teratur kedua bisa dengan cara mengukur suhu basal tubuh anda yang diukur pada saat pagi hari kala bangun tidur. Cara mengukurnya bisa menggunakan termometer dan diukur dengan mulut. Selalu catat suhu basal tubuh setiap paginya dan pada saat masa ovulasi ini terjadi, akan terjadi peningkatan suhu basal tubuh sekitar 0,5 hingga 1 derajat Celcius dibandingkan dengan suhu basal pada hari sebelumnya. Jika anda sedang berencana ingin memiliki anak, sebaiknya lakukan hubungan seksual pada saat suhu basal ini meningkat.

Menggunakan Alat Deteksi Ovulasi
Cara menghitung masa subur haid tidak teratur lainnya ialah dengan menggunakan bantuan alat deteksi ovulasi melalui urine. Untuk cara kerjanya sederhana dan mirip dengan alat bantu test pack. Pada saat menjelang ovulasi, hormon LH wanita akan meningkat drastis dalam wakti 24 hingga 48 jam. Maka jika alat deteksi ovulasi ini menunjukkan reaksi positif maka kemungkinan besarnya dalam kurun waktu 24 hingga 48 jam kedepan akan terjadi masa subur anda. Alat tes ovulasi diketahui memiliki akurasi yang cukup bagus dan mudah digunakan untuk membantu memprediksi masa subur. Tetapi tentu anda memerlukan biaya untuk membeli strip pemeriksaan jika memilih menggunakan metode yang satu ini.

Itulah beberapa cara menghitung masa subur haid tidak teratur bagi anda yang kesulitan menemukan masa subur anda dan sedang dalam program ingin memiliki anak.