cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak

ZEDDO.ID – Sistem metabolisme didalam tubuh seseorang itu amatlah penting, dengan sistem metabolisme maka kehidupan sehari-hari akan berjalan dengan lancar dan dapat menjaga keseimbangan energi hariannya. Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak, apalagi untuk Anda yang sedang mengalami masalah kegemukan.

Sistem metabolisme tubuh yang rusak atau tidak maksimal akan membuat pemanfaatan cadangan makanan tidak terpakai dengan baik untuk diubah menjadi energi. Akibatnya sisa cadangan makanan yang tersisa di tubuh ini akan tertimbun dan menyebabkan kegemukan pada seseorang. Lalu bagaimana cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak tersebut? Mari kita bahas bersama pada artikel ini.

Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh yang Rusak Dengan Mudah

Sistem metabolisme tubuh juga dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang, meski begitu dengan memahami cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak ini akan mencegah agar metabolisme tubuh Anda tetap optimal dan tidak menurun jauh.

Dan satu cara yang mudah ialah dengan gaya hidup sehat, memang inilah cara yang perlu dilakukan untuk menjaga metabolisme tubuh optimal setiap saat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sistem metabolisme tubuh Anda tidak melambat dan tetap optimal.

Tingkatkan konsumsi protein harian
Cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak yaitu dengan konsumsi protein, karena protein ini adalah nutrisi yang diperlukan sebagai energi dan membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu protein juga membantu metabolisme energi guna mencerna makanan. Dengan Anda mengkonsumsi makanan kaya protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga tiga kali lipat lebih tinggi daripada karbohidrat dan lemak.

Konsumsi protein juga efektif untuk membantu Anda yang sedang diet untuk mencegah rasa lapar yang lebih lama, dan mencegah massa otot yang hilang. Jadi meningkatkan konsumsi protein harian ini merupakan cara yang efektif.

Minum air dingin dengan rutin
Pada saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka akan terjadi peningkatan metabolisme tubuh untuk sementara waktu, dan pada saat tubuh dehidrasi maka metabolisme akan melambat. Dan cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak ialah dengan minum air dingin.

Dengan minum air putih yang dingin, maka tubuh akan berusaha untuk menyesuaikan suhu air tersebut dan membakar kalori lebih banyak. Dengan begitu metabolisme tubuh akan meningkat, sementara itu juga dengan minum air putih bisa menahan rasa lapar bagi Anda yang sedang diet.

Hindari aktivitas yang jarang bergerak
Cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak ialah dengan hindari kebiasaan yang membuat tubuh Anda jadi kurang bergerak aktif. Hal yang dimaksud disini ialah hal-hal yang umum seperti kebiasaan duduk terlalu lama saat berkendara di motor ataupun mobil, atau duduk di kantor selama berjam-jam.

Hal ini disarankan untuk Anda hindari sebab kebiasaan ini bisa memicu terjadinya penumpukan lemak di tubuh karena tubuh yang kurang bergerak aktif sehari-harinya. Untuk Anda yang memang bekerja di kantor sehari-harinya bisa mengakali hal ini dengan melakukan gerakan berdiri atau berjalan tiap setengah jam sekali.

Dengan berdiri dan berjalan bisa membuat tubuh aktif dan meningkatkan metabolisme tubuh yang awalnya melambat dan mendorong tubuh untuk tetap membakar kalori yang tak terpakai.

Berolahraga
Seperti yang dikatakan bahwa tubuh perlu bergerak aktif agar dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berolahraga dengan baik akan menjadi satu cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak dan membuat Anda lebih sehat. Anda bisa berolahraga angkat beban ataupun olahraga dengan intensitas tinggi.

Kedua olahraga tersebut paling efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh seseorang dan meningkatkan massa otot yang baik untuk mencegah terjadinya penurunan metabolisme tubuh.

Makan makanan pedas
Anda juga bisa konsumsi makan makanan yang pedas sebagai cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak. Sebab makanan pedas bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh lho! Seperti pada cabai yang mengandung senyawa capsaicin ini. Walaupun efeknya tidak besar, tetapi konsumsi makanan pedas ini akan membakar 10 kalori lebih banyak dalam sekali makannya lho.

Minum minuman berkafein
Percaya atau tidak bahwa minuman berkafein bisa menjadi satu cara memperbaiki metabolisme tubuh yang rusak lho. Karena kafein bisa bisa menjadi sebuah simultan yang akan merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh seseorang lima hingga delapan persen lebih tinggi.

Kafein ini bisa ditemukan pada minuman kopi atau pada minuman teh hijau, dan efek yang dihasilkan ini baik untuk membantu pembakaran lemak di tubuh dan menjaga berat badan Anda, cocok nih untuk diet bagi Anda yang sedang diet.