cara menaikkan metabolisme tubuh

ZEDDO.ID – Metabolisme tubuh seseorang tentunya berbeda-beda dan dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Dan pada saat metabolisme tubuh seseorang sedang tidak baik atau sedang menurun dapat mengganggu kesehatan, maka dari itu kita perlu tahu cara menaikkan metabolisme tubuh agar tubuh tetap terjaga dan fungsi organ tubuh yang dapat bekerja secara maksimal.

Cara Menaikkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh merupakan suatu keadaan dimana kalori dibakar didalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang sehari-harinya yang masuk ke dalam tubuh, hal ini guna menghasilkan energi dan proses metabolisme ini terjadi didalam sel-sel tubuh. Berikut ini bagaimana cara menaikkan metabolisme tubuh dengan mudah :

Memiliki waktu tidur yang cukup
Kekurangan waktu tidur bisa menurunkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh lho, selain itu kurang tidur juga meningkatkan hormon stres yang memicu penimbunan lemak dalam tubuh, merangsang rasa lapar. Makanya biasanya orang yang kurang tidur akan merasa mudah lapar dan kesulitan dalam menurunkan berat badannya. Jadi salah satu cara menaikkan metabolisme tubuh ialah dengan miliki waktu tidur yang cukup, untuk orang dewasa umumnya 8 jam setiap harinya.

Aktif bergerak
Salah satu penghambat metabolisme tubuh ialah kurang gerak atau tidak berolahraga, maka dari itu cara menaikkan metabolisme tubuh ialah dengan dianjurkan berolahraga setiap hari setidaknya 30 menit agar metabolisme tubuh dapat meningkat dan tubuh bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

Untuk jenis olahraganya sendiri bisa bermacam-macam yang Anda sukai, misal senam aerobik ataupun sekedar lari. Olahraga lainnya seperti basket, badminton, voli bersepeda juga baik dan terasa lebih menyenangkan karena berbentuk permainan.

Angkat beban
Cara menaikkan metabolisme tubuh juga bisa dilakukan dengan cara melakukan angkat beban, angkat beban ini sering dilakukan sebagai sarana latihan fisik juga. Jadi selain untuk membakar kalori yang ada di tubuh, angkat beban juga membantu dalam pembentukan jaringan otot. Seseorang dengan massa otot yang semakin besar maka tingkat metabolisme tubuhnya juga akan meningkat.

Banyak minum air putih
Cara menaikkan metabolisme tubuh yang mudah ialah dengan perbanyak minum air putih, sebab berdasarkan beberapa riset yang dilakukan itu diketahui bahwa minum air putih bisa membakar lebih banyak kalori tubuh, terutama air dingin.

Banyak asupan protein
Cara menaikkan metabolisme tubuh ialah dengan banyak konsumsi protein, karena nutrisi ini dibutuhkan untuk diolah menjadi asam amino agar dapat diserap oleh tubuh kita. Maka dari itu kenapa kita butuh protein yang banyak agar metabolisme tubuh meningkat dan membakar banyak kalori di tubuh. Disamping itu, makanan yang mengandung protein itu membuat tubuh merasakan kenyang yang lebih lama dan menekan nafsu makan seseorang.

Konsumsi makanan yang pedas-pedas
Tahu tidak? Bahwa konsumsi makanan yang pedas juga merupakan cara menaikkan metabolisme tubuh lho! Sebab pada makanan yang pedas-pedas mengandung zat capsaicin yang memberikan rasa pedas yang menekan rasa lapar. Akan tetapi, perhatikan juga jumlah porsi makanan pedas yang dikonsumsi, sebab bisa mengganggu pencernaan.

Itu dia beberapa cara menaikkan metabolisme tubuh yang mudah untuk Anda lakukan.