ZEDDO.ID – Kita tentu sudah mengetahui bahwa diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi, penyakit diabetes yang tidak dikontrol dengan baik dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan pada jaringan saraf, amputasi pada kaki, gagal ginjal, hingga mengalami kebutaan. Namun disamping itu, diabetes juga memiliki hubungan atau kaitan dengan masalah disfungsi ereksi pada pria.

Bagaimana bisa masalah diabetes ini memicu terjadinya disfungsi ereksi pada pria ?
Pada saat seorang pria mendapatkan rangsangan seksual dari luar, maka secara otomatis alat vital pria akan berereksi karena alat vital menjadi rileks dan darah mudah masuk dan terkumpul pada alat vital. Akan tetapi hal ini tidak bisa terjadi dengan lancar bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes, hal itu dikarenakan kadar gula dalam darah yang tinggi menyebabkan zat nitrat oksida di tubuh rusak, sehingga pada akhirnya sinyal untuk melakukan ereksi tidak sampai ke otak.

Disamping itu, penyakit diabetes juga diketahui dapat merusak pembuluh darah beserta sistem saraf yang mengontrol ereksi pria. Penyakit diabetes juga memicu masalah pada pembuluh darah, contohnya mempersempit rongga pembuluh darah yang akibatnya pasokan darah ke organ vital menurun.

Cara Mengatasi Disfungsi Ereksi

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi pada penderita diabetes ini ?
Tentu ada caranya, dan jangan terlalu bersedih. Terdapat beberapa cara mengatasi disfungsi ereksi pada penderita diabetes yang bisa dilakukan, diantaranya ialah :

Ubah Gaya Hidup
Tentu yang pertama ialah gaya hidup, menerapkan gaya hidup sehat merupakan dasar agar hidup sehat. Gaya hidup sehat yang seperti apa ? Tentunya berkaitan dengan pola makan yang baik, dengan konsumsi makanan sehat yang disarankan untuk pasien yang mengalami masalah diabetes maka dapat mengontrol gula darah dengan optimal. Selain pola makan, berolahraga untuk kesehatan jasmani tubuh juga penting. Apalagi dengan berolahraga dapat menormalkan kadar gula darah tubuh, menjaga berat badan, serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Hindari Konsumsi Alkohol
Bagi anda yang sering konsumsi minuman beralkohol, sebaiknya mulai dikurangi atau bahkan lebih baik berhenti. Karena hanya akan mengganggu kesehatan tubuh dan memperburuk masalah disfungsi ereksi yang tengah dialami. Konsumsi alkohol juga mengganggu kesehatan darah dan pembuluh darah.

Hindari Kebiasaan Merokok
Sama seperti minuman beralkohol, kebiasaan merokok juga wajib untuk dihentikan. Dengan merokok dapat mengganggu kesehatan pembuluh darah, pembuluh darah di tubuh menjadi menyempit dan produksi nitrat oksida pun menurun. Alhasil aliran darah menuju organ vital menurun dan memperburuk masalah disfungsi ereksi anda.

Selalu Istirahat yang Cukup
Mendapatkan waktu istirahat yang cukup juga memiiki kaitan yang erat dalam memperbaiki masalah seksual pria, maka dari itu istirahat yang cukup itu sangatlah penting. Disamping itu cara mengatasi disfungsi ereksi pada penderita diabetes kini juga bisa dengan konsumsi obat-obatan yang dapat membantu mengalirkan darah ke organ vital seperti sildenafil, tadalafil dan obat lainnya yang membantu agar mudah ereksi dan mempertahankan posisi ereksi lebih lama.