Cara Mengetahui Masa Subur Pria yang Jarang Diketahui

ZEDDO.ID – Perlu digarisbawahi bahwa cara mengetahui masa subur pria tidak sama seperti cara mengetahui masa subur wanita, masa subur wanita dapat ditentukan melalui siklus bulanannya dan ini sangat berbeda dengan pria, karena pria tidak memiliki siklus bulanan untuk masa subur seperti halnya pada wanita.

Lalu bagaimana cara mengetahui masa subur pria itu?

Pada dasarnya, sebetulnya pria memiliki masa subur hampir pada setiap harinya. Tetapi ada beberapa hal yang membuat pria menurun kesuburannya, seperti pada saat kondisi tubuh yang tidak prima yang membuat kualitas sperma yang dihasilkan menurun. Tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur pria.

Berikut ini cara mengetahui masa subur pria yang jarang diketahui atau pada saat pria memiliki sperma yang berkualitas :

Pada Saat Tubuh yang Bugar
Cara mengetahui masa subur anda yang sederhana ialah dengan memiliki fisik yang sehat dan bugar, tidak harus memiliki tubuh yang bidang dan berotot layaknya olahragawan, tetapi tubuh yang sehat dan terorganisir dengan baik. Berolahragalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima, dengan begitu anda memiliki peluang lebih besar memiliki sperma yang berkualitas.

Cara mengetahui masa subur pria lainnya juga diketahui dari lingkar pinggang mereka, seperti yang diteliti oleh para peneliti Belanda yang mengetahui bahwa pria yang memiliki lingkar pinggang 40 inci atau lebih memiliki konsentrasi sperma yang rendah dan sperma yang bergerak normal juga cenderung rendah jika dibandingkan dengan para pria yang memiliki lingkar pinggang dibawah 40 inci.

Hal ini diyakini karena masalah berat badan berlebih dan otot yang kurang terlatih sehingga mengganggu proses pelepasan hormon seksual yang turut mengganggu produksi serta perkembangan sel sperma pria, akibatnya kualitasnya pun menurun.

Pola Makan Sehat yang Terjaga
Cara mengetahui masa subur pria tentu dengan konsumsi dan pola makan yang baik. Jika anda ingin tetap dalam kondisi subur anda harus menjaga pola makan yang sehat. Riset dari Universitas Harvard menyatakan bahwa seseorang yang gemar konsumsi makanan sehat terutama makanan dengan kadar asam lemak omega 3 memiliki jumlah sperma yang lebih baik.

Dan begitu pula sebaliknya, mereka yang memiliki pola makan kurang sehat seperti sering konsumsi daging olahan serta berpengawet diketahui memiliki rata-rata jumlah produksi sperma yang lebih rendah dibanding yang jarang konsumsi makanan tersebut.

Para pria disarankan konsumsi asam lemak omega 3 karena memiliki manfaat yang baik untuk kesuburan pria. Para pria yang konsumsi omega 3 seperti pada ikan salmon maupun ikan tuna memiliki tingkat konsentrasi sperma 65 persen lebih besar dibanding dengan yang jarang konsumsi.

Baca Juga : Obesitas Dapat Menurunkan Kualitas Sperma ?

Jangan Gunakan Celana Dalam yang Terlalu Ketat
Cara mengetahui masa subur pria ialah dengan tidak menggunakan celana dalam yang ketat, sebab pria yang sering menggunakan celana dalam terlalu ketat terutama tidak menyerap keringat dapat menyebabkan kualitas sperma dan masa subur anda yang terganggu. Studi yang dilakukan di Inggris pada tahun 2012 lalu mengungkapkan bahwa pria yang sering atau terbiasa menggunakan celana dalam yang ketat seperti ini memiliki risiko kualitas sperma 24 persen lebih rendah, khususnya pada pergerakan sel sperma itu sendiri.

Pergerakan sperma merupakan hal yang sangat penting untuk kesuburan pria dewasa, karena hal ini berkaitan langsung dengan masalah pembuahan. Kecepatan pergerakan sel sperma ini akan membantu anda mengenai cepat tidaknya sel sperma bergerak hingga menuju sel telur pasangan anda. Jadi sebaiknya anda menggunakan celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat ya.

Memiliki Suara yang Tidak Rendah dan Sedikit Serak
Berdasarkan sebuah studi di University of Western di Australia, mengatakan bahwa cara mengetahui masa subur pria ialah dari suaranya. Pada pria yang memiliki suara terlalu rendah rata-rata memiliki kualitas sperma yang kurang baik.