cara meningkatkan daya tahan tubuh

ZEDDO.ID – Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit? Caranya sebenarnya mudah, yaitu dengan olahraga bahkan konsumsi suplemen tubuh. Daya tahan tubuh seseorang memang berbeda-beda dan orang yang mudah jatuh sakit ialah orang yang memiliki daya tahan tubuh yang melemah atau menurun. Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa sistem daya tahan tubuh seseorang dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang dan lingkungan sekitarnya.

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa anda lakukan dengan mudah selama anda tahu caranya, dan anda juga harus konsisten dalam menjalankannya. Berikut ini beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti yang dilansir dari Health Harvard, diantaranya ialah :

Pola Makan yang Sehat
Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang pertama ialah dengan pola makan yang sehat, tentu anda tidak akan sehat tubuhnya bila konsumsi makanan sehari-harinya selalu sesuatu yang tidak sehat dan tidak memikirkan nutrisi dan kalori harian. Memang gaya hidup di masa kini terkadang membuat seseorang jadi kurang sehat, konsumsi makanan yang berlebihan yang tidak diimbangi dengan nutrisi yang baik, akibatnya masalah obesitas muncul.

Disamping itu, yang menjadi masalah tentang pola makan masyarakat masa kini ialah terlalu seringnya konsumsi makanan junk food, bukannya tidak boleh bagi anda untuk konsumsi makanan junk food ini, namun anda juga tidak boleh terlalu sering karena tingkat kalorinya yang tinggi dan kandungan lemaknya yang cukup berisiko. Sebagaimana kita ketahui bahwa makanan dengan kadar lemak tinggi bisa menyebabkan masalah kolesterol, obesitas, dan inflamasi sehingga daya tahan tubuh seseorang kian menurun.

Maka dari itulah, anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh anda tersebut. Sebab kandungan yang terdapat pada sayuran maupun buah ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti adanya vitamin, serat, antioksidan, dan mineral. Kandungan ini juga mampu membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah putih dalam melindungi tubuh dari infeksi.

Waktu Istirahat yang Cukup
Gaya hidup masyarakat masa kini sering membuat mereka mendapatkan waktu tidur yang kurang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan atau pegawai kantoran. Padahal waktu tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat setelah satu hari penuh beraktivitas, dan sebuah studi pun menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki waktu istirahat yang cukup memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jam tidurnya kurang. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu setidaknya 7-9 jam untuk tidur dan 10 jam untuk anak-anak.

Berolahraga Selalu
Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang mudah namun malas untuk dilakukan adalah berolahraga, memang hingga saat ini banyak orang cenderung mulai berolahraga. Namun sebagian yang lainnya masih menganggap bahwa berolahraga bisa dilakukan nanti-nanti saja. Beberapa faktor mengapa orang jarang berolahraga ialah karena alasan waktu yang tidak ada, ataupun malas melakukannya. Padahal olahraga ini penting dan bermanfaat bagi tubuh, dan anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu. Olahraga ini bermanfaat untuk membakar lemak di tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Memanajemen Stres Dengan Baik
Dengan memanajemen stres mampu menjaga daya tahan tubuh tetap baik, stres yang tidak dikelola dengan baik bisa berdampak pada kesehatan tanpa anda sadari, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Stres yang tidak terkontrol juga bisa memicu masalah tekanan darah tinggi (hipertensi) yang berbahaya bagi tubuh.

Selain beberapa tips diatas, cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya juga bisa anda lakukan dengan konsumsi suplemen vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh anda. Banyak suplemen vitamin yang dikonsumsi masyarakat untuk menunjang daya tahan tubuh mereka.