ZEDDO.ID – Dalam menjaga keharmonisan rumah tangga tidak hanya soal materi saja, kebutuhan seksual juga penting untuk menjaga keharmonisan didalamnya tetap terjaga. Dan mood atau gairah seksual wanita penting kaitannya dengan hal sebelumnya. Suatu hal yang wajar baik bagi pria maupun wanita yang mengalami penurunan gairah seksual, dan ini menyebabkan sesi berhubungan intim menjadi kurang ‘intim’. Dan bagi pria, sudah sewajarnya untuk tahu bagaimana cara meningkatkan gairah seksual wanita atau pasangannya tersebut.

Penyebab Gairah Seksual Wanita Menurun

Hingga saat ini, belum ada kejelasan yang pasti mengenai penyebab gairah seksual yang menurun. Namun salah satu faktor yang diketahui dapat memicu hal ini ialah faktor psikologis, contohnya mood pada wanita. Apalagi seorang wanita memang diketahui lebih moody daripada seorang pria. Beberapa hal yang dapat menurunkan gairah seksual wanita lainnya ialah :

Hubungan Emosional yang Kurang
Sebuah hubungan emosional yang kurang atau menurun bisa menjadi salah satu faktornya, contohnya disaat hubungan sedang renggang akibat bertengkar atau kurangnya komunikasi. Hal ini bisa membuat wanita menjadi malas untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Faktor Psikologis
Masalah psikologis memiliki hubungan dengan tingkat hasrat seksual seorang wanita. Disaat wanita memiliki masalah seperti stres, trauma ataupun berbagai tekanan lainnya yang mengganggu, hal ini bisa memicu gairah seksual wanita yang menurun drastis.

Faktor Fisik
Beberapa faktor fisik yang memengaruhi gairah seksual wanita contohnya seperti gaya hidup yang tidak sehat, efek samping dari obat-obatan, hingga tubuh yang lelah merupakan hal yang dapat membuat gairah seksual wanita mengalamu penurunan.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Hal kecil yang Dapat Merusak Hubungan Seks Pasangan

Faktor Hormonal
Selain faktor fisik dan psikologis, ada juga faktor lainnya yang memengaruhi gairah seksual wanita, yaitu masalah hormon. Ada saat-saat dimana seorang wanita mengalami perubahan hormon seperti disaat sedang hamil, menyusui, ataupun masa menopouse. Efek ini bisa dialami berbeda-beda pada setiap wanita, namun secara umum akan menurunkan libido yang menurun.

Cara Meningkatkan Gairah Seksual Wanita

Hal menjadi kurang menggairahkan jika gairah seksual pasangan menjadi menurun, dan bahkan hal ini cenderung membuat kita terkadang bisa merasa bosan dan akibatnya aktivitas ini menjadi berkurang. Para wanita sendiri bahkan tidak akan enggan untuk menolak ajakan anda untuk berhubungan intim jikalau memang mereka sangat tidak memiliki gairah seksual yang baik. Dan hal yang harus dilakukan ialah membakar kembali gairah seksualnya, terdapat banyak cara meningkatkan gairah seksual wanita yang bisa anda coba malam ini, diantaranya ialah :

Bangun Hubungan yang Panas Dengan Foreplay
Cara meningkatkan gairah seksual wanita yang pertama ialah dengan melakukan pemanasan atau foreplay. Para wanita tidak suka terburu-buru untuk melakukan hubungan seks karena mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding pria untuk bergairah. Cobalah untuk melakukan foreplay dan buat pasangan anda merasa panas dan bergairah, jika dirasa memang dia sudah memanas, maka waktunya untuk sesi utama dimulai.

Olahraga Teratur
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual wanita ialah dengan berolahraga. Hal ini karena dengan berolahraga diyakini mampu meningkatkan daya sensitivitas bagi wanita. Disaat usai berolahraga, akan terjadinya yang namanya peningkatan hormon di tubuh yang salah satunya hormon untuk gairah seksual.

Istirahat yang Cukup
Masalah tidur bukanlah hal umum yang bisa disepelekan, karena akibatnya tidak baik pada kesehatan tubuh. Terdapat banyak masalah kesehatan karena kurang tidur, selain itu gairah seksual yang menurun juga disebabkan karena waktu tidur yang tidak baik.

Bermeditasi
Tahukah anda bahwa dengan bermeditasi tidak hanya menyegarkan pikiran dan merelaksasi tubuh, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi seksual wanita. Riset yang diterbitkan pada Journal of Sex & Marital Therapy menyatakan, jika wanita yang rutin melakukan meditasi dapat meningkatkan fungsi seksualnya dan memperbaiki masalah gairah seksualnya. Selain itu, wanita yang sering bermeditasi juga diyakini dapat mencapai orgasme daripada mereka yang tidak pernah bermeditasi.