cara meningkatkan imun

ZEDDO.ID – Salah satu cara meningkatkan imun tubuh yaitu dengan memakan makanan penambah imun tubuh yang kaya akan antioksidan. Selain itu juga, cara mengatasi sistem imun yang lemah bisa kita lakukan dengan cara berolahraga.

Ya, dengan berolahraga itu bisa membantu kita dalam meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dari radikal bebas yang ada di sekitar tubuh kita. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan imun dengan berolahraga yang baik dan benar.

Manfaat berolahraga bagi tubuh

Sudah tidak dipungkiri lagi manfaat berolahraga untuk kesehatan tubuh, disamping konsumsi makanan sehat, berolahraga membantu kita mendapatkan kebugaran tubuh nan sehat. Olahraga secara umum dapat membantu kita dalam membakar lemak di tubuh, melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan imunitas tubuh dan meningkatkan hormon endorphin.

Cara meningkatkan imun dengan berolahraga

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, berikut ini kriteria olahraga yang perlu diketahui :

Jenis olahraga
Salah satu cara meningkatkan imun tubuh ialah dengan berolahraga, dan jenis olahraga yang dipilih itu penting banget lho. Salah satu olahraga yang bisa dipilih ialah jenis aerobik guna memacu detak jantung kita. Terdapat banyak riset dan penelitian yang sudah menunjukkan bahwa olahraga aerobik itu cara mengatasi sistem imun yang lemah yang efektif. Olahraga aerobik itu banyak jenisnya, mulai dari bersepeda, berenang, jogging, bahkan jalan/ gerak sehat.

Dikutip dari Health, latihan HIIT (High Intensity Interval Training) dalam sebuah riset bisa menjadi cara meningkatkan imun tubuh seseorang. Studi yang lainnya juga menemukan bahwa latihan kekuatan memiliki kemungkinan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Intensitas olahraga
Intensitas olahraga juga penting guna meningkatkan imun tubuh, intensitas olahraga ini merupakan kekuatan olahraga dalam memacu organ jantung. Intensitas yang disarankan ialah sedang hingga berat, dengan begitu organ jantung akan semakin berdetak dengan cepat dan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Ingat untuk menyesuaikan intensitas dengan kemampuan diri sendiri.

Durasi olahraga
Berolahraga memang baik, namun jika melakukannya terlalu lama juga tidak baik lho untuk imunitas tubuh. World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk olahraga yang optimal yaitu sekitar 300 menit per minggunya, atau kurang lebih 45-60 menit setiap harinya.

Frekuensi olahraga
Selain durasi, masalah frekuensi olahraga juga penting sebagai cara meningkatkan imun tubuh. World Health Organization (WHO) memberikan saran untuk melakukan olahraga setiap harinya setidaknya 30-45 menit dengan intensitas sedang. Selain itu bisa juga melakukan olahraga lima kali dalam satu minggunya dengan intensitas sedang hingga berat, untuk durasinya yaitu selama 30-60 menit.

Sebuah konsistensi
Cara meningkatkan imun tubuh yang penting ialah berolahraga secara konsisten. Dengan berolahraga secara rutin dan konsisten bisa meningkatkan imun tubuh yang lemah secara ampuh dan efektif, daripada olahraga yang hanya dilakukan sesekali saja.

Itulah dia cara meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga yang perlu diketahui, jadi jangan cuma asal berolahraga saja ya. Tetapi pahami tentang jenis olahraga, durasi, intensitas, dan frekuensinya juga ya biar manfaatnya maksimal.