Cara meningkatkan metabolisme tubuh alami dengan mudah

ZEDDO.ID – Permasalahan dalam metabolisme tubuh menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sangat banyak masalah yang dapat ditimbulkan dari metabolisme yang tidak lancar, salah satunya seperti sulit mendapatkan tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal tentu akan membantu anda dan pasangan dalam mendapatkan kepuasan seksual di ranjang. Selain itu, masalah metabolis tubuh juga dapat memberikan dampak kesehatan lainnya. Maka dari itu, anda harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh anda dengan benar. Simak selengkapnya di artikel ini.

Metabolisme tubuh yang lambat dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh, maka dari itu penting bagi anda untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih banyak membakar kalori tubuh, dengan begitu berat badan tubuh anda pun turut menurun. Salah satu fungsi dari metabolisme tubuh yang baik juga ialah membuat tubuh anda menjadi lebih bugar, karena tubuh menjadi lebih banyak mendapat pasokan energi yang cukup untuk menjalankan setiap fungsinya, selain itu metabolisme tubuh yang lancar juga penting untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Inilah yang menjadi alasan lain mengapa banyak orang mencari tahu cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara meningkatkan metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mampu memengaruhi peristiwa pembakaran kalori tubuh. Diantaranya :

Faktor Usia
Dengan bertambahnya usia seseorang maka akan memperbanyak jumlah lemak dan jumlah otot di tubuh akan kian berkurang. Hal ini akan menyebabkan pembakaran kalori tubuh yang turut melambat sehingga sulit untuk menjaga bentuk tubuh.

Gender atau Kelamin
Masalah metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh faktor gender, pada tubuh pria cenderung lebih banyak membakar kalori dibanding dengan tubuh perempuan. Sebab, tubuh laki laki memiliki lebih banyak massa otot dibanding perempuan. Jadi jangan heran jika laki laki lebih mudah membakar lemak dan kalori tubuhnya daripada perempuan.

Postur Tubuh
Tentu masalah postur tubuh atau ukuran tubuh seseorang juga memengaruhi metabolisme tubuh seseorang. Pada tubuh seseorang yang lebih besar dan memiliki lebih banyak massa otot, tentu akan membakar kalori lebih banyak dibanding yang memiliki postur lebih kecil, bahkan disaat tubuh sedang beristirahat.

Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik seseorang tentu menjadi hal yang berpengaruh, tentunya berbeda metabolisme tubuh seseorang antara mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik dengan mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik. Selain berolahraga, aktivitas fisik lainnya yang sederhana seperti berjalan kaki, bermain dengan hewan peliharaan ataupun bersepeda tentu membakar kalori tubuh dengan jumlah yang berbeda.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Penting untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar, hal ini guna menghindari masalah kesehatan tubuh, terutama masalah lemak tubuh yang menjadi masalah utama bagi anda yang memang ingin diet menjaga tubuh ideal. Berikut ini cara meningkatkan metabolisme tubuh anda dengan baik dan alami, yaitu :

Memperbaiki Jam Tidur Anda
Masalah tidur menjadi hal yang dapat mengganggu masalah berat badan seseorang, sebab kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan meningkatnya berat badan. Sebuah riset yang dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hormon yang dapat memicu rasa lapar pada orang yang kekurangan waktu tidur.

Kurangi Kebiasaan Duduk Terlalu Lama
Kebiasaan sering duduk terlalu lama tidak baik memang karena menyebabkan terjadinya keluhan seperti nyeri pinggang maupun punggung, disamping itu kalori yang terbakar pun jauh lebih sedikit. Maka dari itulah sebaiknya perbanyak waktu aktivitas dengan berdiri daripada duduk.

Olahraga Fisik
Cara meningkatkan metabolisme tubuh yang lainnya ialah dengan berolahraga seperti melakukan angkat beban maupun olahraga dengan intensitas tinggi (HIIT). Hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh anda dan membakar lebih banyak kalori daripada aktivitas biasanya.

Ingat Untuk Konsumsi Protein Harian
Konsumsi makanan yang mengandung protein sangat penting untuk membakar kalori dalam proses pencernaan oleh tubuh, disamping itu juga protein berguna agar metabolisme tubuh berjalan lancar dan tetap menjaga bentuk tubuh agar tidak kehilangan massa otot.

Konsumsi Makanan yang Memiliki Sensasi Pedas
Makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara alami, dan tentunya hal ini bukanlah hal yang berat bagi anda yang penggemar makanan yang pedas pedas. Meski begitu anda tetap harus memerhatikan dosisnya, cukup berisiko juga bila konsumsi makanan pedas berlebihan dan dikhawatirkan dapat melukai sistem pencernaan tubuh.