cara perhitungan masa subur wanita agar cepat hamil

ZEDDO.ID – Pada saat ingin menjalankan program kehamilan, tentu sebagai seorang wanita harus dapat mengetahui perhitungan masa suburnya itu akan terjadi. Hal ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Tentu ini adalah hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja bukan?

Dengan mengetahui masa subur, tentu juga dapat mengetahui secara pasti kapankah sel telur akan dilepaskan, dengan begitu sel sperma pun bisa lebih mudah untuk berenang dan mencapai sel telur untuk melakukan pembuahan.

Selain menggunakan kalender untuk perhitungan masa subur, ada juga beberapa cara lainnya lho, dan mudah sekali untuk dikenali. Yaitu dengan mengetahui berbagai ciri ciri masa subur wanita, ini dia diantaranya :

Adanya Perubahan Suhu Tubuh
Cara perhitungan masa subur pada wanita bisa diketahui dengan mudah dengan mengetahui adanya perubahan pada suhu basal tubuh. Suhu basal ini bisa diukur pada saat baru bangun tidur. Pada saat hendak mendekati masa subur wanita, suhu basal ini akan terjadi sedikit penurunan, namun akan kembali naik pada saat melewati masa subur. Dan agar kenaikan rata rata suhu basal tubuh bisa dideteksi, selalu catat perubahan suhu tubuh secara berkala tiap bulannya.

Gairah Seksual yang Meningkat
Cara perhitungan masa subur yang kedua ialah dengan merasa adanya gairah seksual yang meningkat. Pada saat mendekati waktu masa subur, wanita akan mendapat dorongan seksual dan merasa sangat bergairah untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan. Didalam tahap ini, tanpa disadari wanita akan merasa lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim daripada biasanya. Dan ini merupakan respon alami tubuh yang menandakan bahwa tubuhnya siap untuk bereproduksi.

Adanya Cairan dari Miss V
Cara perhitungan masa subur yang akurat lainnya ialah dengan adanya cairan bening dan transparan pada miss V. Cairan ini pada umumnya cukup lengket dan mirip seperti putih telur. Cairan ini berfungsi dalam membantu mempermudal si sel sperma untuk bergerak dan masuk hingga ke sel telur. Jadi jika cairan ini timbul, itu artinya sudah memasuki waktu subur dan siap untuk program kehamilan.

Baca Juga : Cek Masa Subur Perempuan Melalui Suhu Basal Tubuh

Adanya Keluar Bercak Dengan Warna Cokelat Kemerahan
Pada sebagian wanita, cara perhitungan masa subur bisa diketahui dengan adanya bercak berwarna cokelat kemerahan pada saat masa subur. Ini merupakan kondisi yang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Bercak ini dikarenakan folikel yang mengelilingi sel telur terlepas dan menyebabkan terjadinya pendarahan kecil. Tetapi, walau dikatakan wajar dan normal-normal saja, jika bercak ini terus menerus muncul dan disertai munculnya gejala lainnya seperti nyeri pada perut maupun demam, maka segera cek ke dokter untuk di cek lebih lanjut, karena bisa saja hal ini dikarenakan adanya infeksi.

Terasa Nyeri Pada Panggul atau Perut Bawah
Pada saat proses pelepasan sel telur, kadang kala menyebabkan rasa nyeri ringan di bagian panggul atau perut bagian bawah tubuh. Hal ini dapat terjadi kurang lebih beberapa menit hingga jam. Ini menjadi cara perhitungan masa subur yang mudah untuk dipahami, dan kadang kala kondisi ini juga dibarengi dengan rasa mual atau tidak nyaman pada perut.

Terasa Nyeri Pada Payudara
Perhitungan masa subur wanita agar cepat hamil juga dapat ditandai dengan sensitivitas pada area payudara. Pada saat masa subur wanita, akan membuat area ini menjadi terasa lebih lunak, dan sensitif juga mudah terasa nyeri. Hal ini disebabkan adanya aliran hormon yang masuk ke dalam tubuh pada saat sebelum juga sesudah masa subur.

Adanya Perubahan Pada Serviks
Perhitungan masa subur wanita juga ditandai dengan adanya perubahan pada serviks, yaitu menjadi lebih lembut, sensitif dan lebih terbuka. Untuk sebagian wanita, hal ini juga dapat membuat berhubungan intim jadi terasa lebih sakit. Hal ini terjadi karena miss V mengeluarkan banyak pelumas karena proses sekresi yang terjadi.