Makanan penambah kesuburan pria

ZEDDO.ID – Masalah kesuburan pria itu penting khususnya saat promil, untuk itu konsumsi makanan penambah kesuburan pria itu penting. Mengapa? Karena sulitnya kehamilan pada pasangan itu bukan hanya masalah pihak wanita saja, tetapi juga pria.

Pria perlu menjaga kesuburannya supaya peluang terjadinya kehamilan pada pasangan itu semakin meningkat. Ada banyak jenis makanan penambah kesuburan pria yang bisa Anda, para pria konsumsi guna meningkatkan produktivitas sperma pria yang lebih baik dan berkualitas.

Makanan penambah kesuburan pria

Nah untuk menjaga kesehatan sperma dan kesuburan pria Anda, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi guna menjaga kesuburan pria dan menambahnya. Ini dia beberapa jenis makanan penambah kesuburan pria, yaitu diantaranya:

1. Mengandung antioksidan tinggi
Makanan penambah kesuburan pria yang pertama ialah makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Makanan berantioksidan tinggi bisa menambah jumlah sperma dan motilitas sperma pria. Penelitian juga mengungkapkan bahwa beberapa jenis antioksidan dapat mengurangi kerusakan DNA pada sperma, seperti vitamin C dan E.

Kandungan antioksidan ini bisa didapatkan dari berbagai sayur dan buah-buahan. Diantaranya makanan berikut ini, yaitu sayur bayam, brokoli, wortel, serta buah strawberry, anggur, dan sebagainya. Adapun kacang-kacangan dan makanan yang bersumber dari biji-bijian utuh juga sumber antioksidan yang baik.

2. Mengandung asam folat
Makanan penambah kesuburan pria yang kedua ialah makanan yang mengandung asam folat, ada beberapa riset yang mengatakan bahwa pria yang kurang asam folat lebih sulit untuk memproduksi sperma yang berkualitas.

Maka dari itulah pria disarankan konsumsi setidaknya 400 mikrogram asupan asam folat harian ini guna meningkatkan produktivitas sperma sehat. Anda bisa temukan makanan mengandung asam folat tinggi ini pada sayuran hijau, buah lemon, buah jeruk mandarin, jeruk nipis, serta kacang-kacangan.

3. Mengandung zinc
Anda bisa meningkatkan fertilitas pria dengan konsumsi berbagai makanan yang mengandung zinc. Sebab, zinc ini memiliki peran penting dalam fungsi reproduksi pria. Zinc ini dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pria, mencegah kerusakan pada sperma pria serta melindunginya dari serangan bakteri.

Makanan penambah kesuburan pria yang kaya akan zinc yaitu diantaranya ialah daging sapi, berbagai makanan laut, serta kacang-kacangan. Perlu diketahui juga bahwa kekurangan zinc ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan termasuk produktivitas sperma sehat yang menurun.

4. Mengandung selenium
Makanan penambah kesuburan pria yang terakhir ialah berbagai ragam makanan yang mengandung selenium. Selenium ialah salah satu mineral yang bersifat layaknya antioksidan, yang diyakini memiliki manfaat dalam meningkatkan jumlah sperma pria dan meningkatkan kesuburan pria.

Anda bisa mendapatkan kandungan selenium ini dengan mengkonsumsi makanan berikut ini, yaitu daging sapi, daging ayam, ikan tuna, ikan sarden, telur, sayur bayam, dan nasi merah.