contoh gangguan psikologis dan ciri-ciri gangguan psikologis

ZEDDO.ID – Masalah gangguan psikologis atau gangguan mental memiliki ragam faktor penyebabnya, dan contoh gangguan psikologis pun ada ragam dan cara untuk menanganinya. Mulai dari konseling hingga konsumsi obat tertentu yang diperlukan sesuai dengan anjuran dokter.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, tidak sedikit individu yang mengalami gangguan psikologis ini akibat hal yang dialami, mulai dari kehilangan sumber mata pencaharian, kehilangan orang yang dicintai, faktor ekonomi yang kekurangan, ataupun merasa lelah dan tidak kuat selama mengisolasikan diri di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Ragam contoh gangguan psikologis

Jenis gangguan mental atau gangguan psikologis yang diidap seseorang bisa diketahui usai dilakukan sejumlah pemeriksaan oleh dokter. Dan dari banyaknya contoh gangguan psikologis yang ada, berikut ini beberapa contoh gangguan psikologis yang paling umum dialami seseorang.

Gangguan kecemasan
Seperti namanya, contoh gangguan psikologis ini menyangkut rasa cemas dan ketakutan akan suatu hal. Namun dalam kondisi ini, seseorang akan mengalami rasa cemas dan takut tersebut secara berlebihan dan terus menerus dalam kesehariannya. Akibatnya, seseorang yang mengidap gangguan mental ini pun bisa mengalami serangan panik (kepanikan) yang bisa terjadi cukup lama dan sulit untuk ditangani.

Depresi
Jenis gangguan psikologis yang umum dialami seseorang ialah depresi ini, contoh gangguan psikologis ini merupakan suatu kondisi dimana perasaan hati yang terganggu sehingga seseorang bisa merasakan rasa sedih yang mendalam. Berbeda seperti kesedihan yang umumnya terjadi dalam beberapa hari, seseorang yang mengalami gangguan mental ini akan cenderung mengalami kesedihan dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa hingga hitungan mingguan atau bulanan.

Skizofrenia
Contoh gangguan psikologis lainnya ialah skizofrenia ini, ini merupakan jenis gangguan psikologis yang cukup sulit karena efeknya yang bisa memicu halusinasi dan delusi pada pengidapnya. Seseorang yang mengidap gangguan psikologis ini juga bisa merusak pola pikir dan tingkah lakunya, akibatnya pengidapnya jadi tidak bisa membedakan antara pikirannya sendiri dengan kenyataan yang ada.

Gangguan bipolar
Bipolar termasuk salah satu contoh gangguan psikologis yang bisa dialami seseorang, tanda dari gangguan psikologis ini ialah adanya perubahan suasana hati seseorang yang terjadi secara drastis. Pengidap gangguan psikologis ini bisa merasa teramat sedih saat momen tertentu, dan akan menjadi bahagia dan gembira pada momen lainnya.

Gangguan tidur
Masalah tidur juga menjadi salah satu contoh gangguan psikologis yang bisa diidap seseorang, terjadinya perubahan pola tidur ini juga bisa membuat kesehatan dan kualitas hidupnya terganggu. Beberapa contohnya seperti masalah insomnia, mengalami mimpi buruk, juga mudah tertidur.

Ciri-ciri gangguan psikologis

Berbicara mengenai ciri-ciri gangguan psikologis, setiap gangguan yang dialami seseorang itu tentu memiliki ragam gejala dan ciri-ciri gangguan psikologis. Hal ini bergantung pada jenis gangguan mental yang tengah dialami seseorang tersebut.

Ciri-ciri gangguan psikologis tersebut bisa berupa luapan emosi, tingkah laku dan perilaku, serta pola pikir penderitanya. Berikut ini beberapa contoh dari ciri-ciri gangguan psikologis tersebut :

  • Mengalami delusi, memiliki pola pikir untuk mempercayai sesuatu yang tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta yang ada.
  • Mengalami halusinasi, memiliki perasaan akan melihat, mendengar ataupun merasakan suatu hal yang pada kenyataannya tidak ada.
  • Memiliki suasana hati yang sering berubah pada waktu-waktu tertentu.
  • Mengalami perasaan sedih dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa hingga hitungan minggu ataupun bulanan.
  • Memiliki rasa cemas atau kalut akan suatu hal yang bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya.
  • Mengalami ledakan emosional hingga marah bahkan bisa melakukan tindakan kekerasan.

Cara mengatasi gangguan psikologis

Jenis dan cara mengatasi gangguan psikologis itu bermacam-macam sesuai dengan jenis gangguan mental yang dialami individu dan bagaimana tingkat keparahannya tersebut. Biasanya akan dilakukan konseling ataupun psikoterapi untuk membantu mengarahkan pengidap gangguan mental untuk mengubah pola pikirnya dan keluar dari pikiran negatif.

Jenis psikoterapi yang dipakai ialah terapi perilaku kognitif yang menjadi pilihan utama untuk para individu yang mengalami gangguan psikologis. Contoh gangguan psikologis tersebut seperti gangguan kecemasan, gangguan bipolar, depresi, juga gangguan tidur.

Disamping melakukan psikoterapi tersebut, penggunaan obat juga disarankan dokter di beberapa kasus supaya pengobatannya lebih efektif. Biasanya dokter juga turut menyarankan pengidap gangguan mental untuk menerapkan pola hidup sehat untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Itu dia penjelasan pada artikel ini mengenai contoh gangguan psikologis, ciri-ciri gangguan psikologis, dan cara mengatasi gangguan psikologis sebagai bahan pembelajaran diri sendiri. Tetap jaga kesehatan tubuh dan mental Anda di masa pandemi ini ya!