dampak alkohol bagi kesehatan pria

ZEDDO.ID – Salah satu yang menjadi masalah seksual bagi pria tidak hanya mengenai kemampuan seksualnya saja pada saat di ranjang dengan pasangan. Salah satu masalah seksual lainnya yang mengganggu pria ialah masalah kesuburan pria atau fertilitas yang cukup sensitif bagi pria. Karena masalah kesuburan ini erat kaitannya dengan kemampuan untuk membuahi pasangan dan mendapatkan keturunan. Maka dari itulah kebanyakan pria tentu sangat disarankan untuk memiliki pola hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan seksual mereka juga dan menjaga kesuburannya. Namun bagaimana tanggapan mengenai pria yang sering mengkonsumsi alkohol?

Alkohol dan Seksualitas Pria Dewasa

Berdasarkan penelitian yang dikerjakan oleh CDC, minuman alkohol merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya masalah ketidaksuburan (infertilitas) terhadap seseorang pria. Dan apabila terlalu banyak minum alkohol, kesuburan akan menurun dan masalah ini menyebabkan kesulitan bagi seorang pria dalam mendapatkan keturunan. Jadi tidak mengherankan jika sebagai seorang pria disarankan untuk mengurangi atau bahkan tidak konsumsi alkohol sama sekali.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai alkohol dan pengaruhnya terhadap kesuburan pria :

  • Terjadinya gangguan pada hormon yang ada di tubuh pria, hormon testosteron akan mengalami penurunan sementara hormon estrogen meningkat dan menyebabkan gangguan pada fungsi masing-masing hormon. Kedua hal ini akan membuat produktivitas sperma akan menurun dengan sendirinya.
  • Jika seseorang pria mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih, maka kemungkinan besar akan terjadi gangguan pada organ testis pria. Gangguan ini dikategorikan cukup berbahaya dan mungkin memicu terjadinya pengerutan pada ukuran testis pria tersebut. Pengerutan ini berkaitan dengan penurunan jumlah hormon testosteron dan juga sperma yang dihasilkan untuk membuahi pasangannya.
  • Dalam kondisi tertentu, pria yang sering konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih bisa mengalami kecanduan dan hal ini bisa mengakibatkan terjadinya ejakulasi dini. Selain masalah ejakulasi dini, cairan yang dikeluarkan pada saat pria berejakulasi juga tidak banyak.
  • Bisa memicu terjadinya obesitas pada pria karena alkohol juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Seseorang dengan masalah obesitas umumnya diketahui rentan mengalami masalah gangguan ereksi, ejakulasi dini, hingga permasalahan diabetes.

Pengaruh yang dijelaskan tersebut bisa kian memburuk apabila seseorang juga turut menggunakan obat-obatan terlarang atau kebiasaan merokok. Kesehatan sperma pria bisa mengalami perubahan dan akan bertambah sulit baginya untuk melakukan pembuahan pada pasangannya.