gangguan pada pembuluh darah

ZEDDO.ID – Pembuluh darah di tubuh itu memiliki peranan penting dalam mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Dan apabila terjadi sebuah gangguan pada pembuluh darah karena suatu hal, ini bisa memicu berbagai macam gejala tertentu.

Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem peredaran darah yang terdiri atas pembuluh darah arteri, vena, serta kapiler. Sementara organ jantung sebagai pusat utama dari sistem peredaran darah ini yang bertugas dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena memiliki tugas yang berbeda, pembuluh darah arteri bertugas dalam membawa darah keluar dari jantung ke seluruh organ tubuh, sementara tugas vena ialah sebaliknya.

Dan jaringan kapiler yang menghubungkan antara kedua pembuluh darah tersebut, mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel di tubuh, juga membuang zat sisa metabolisme.

Gangguan pada pembuluh darah

Jika terjadi masalah pada pembuluh darah atau aliran darah di pembuluh darah, maka organ tubuh bisa berisiko mengalami kerusakan, juga dapat mengakibatkan terjadinya beberapa penyakit. Berikut ini beberapa gangguan pada pembuluh darah yang penting untuk diwaspadai :

Aterosklerosis
Ateroklerosis ini merupakan gangguan pada pembuluh darah dimana pembuluh darah arteri jadi mengeras dan terkesan kaku, dan membuat aliran darah menuju ke organ-organ tubuh dan jaringan tubuh terganggu. Hal ini dikarenakan penumpukan plak kolesterol, kalsium, juga jaringan ikat di dinding pembuluh darah arteri akibat proses peradangan.

Aterosklerosis juga bisa terjadi karena faktor lainnya, yaitu hipertensi, sering merokok, masalah obesitas, dan juga diabetes. Aterosklerosis umumnya tidak menimbulkan gejala di awal, tetapi jika sudah parah kondisinya bisa membuat pembuluh darah arteri menyempit dan mengganggu aliran darah.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini merupakan gangguan pada pembuluh darah yang paling umum dialami. Apalagi hipertensi ini juga tidak selalunya menimbulkan gejala, yang membuatnya cukup mengkhawatirkan.

Hipertensi bisa saja menimbulkan gejala berupa rasa sakit di kepala, atau merasa sesak napas, mengalami mimisan, dan pusing. Jika masalah hipertensi tidak diobati dengan baik, bisa merusak pembuluh darah dan beberapa organ tertentu, misalnya otak, jantung, atau ginjal.

Serangan jantung
Gangguan pada pembuluh darah juga bisa mengakibatkan serangan jantung, dan ini sudah tergolong keadaan gawat darurat. Keadaan ini dapat terjadi pada seseorang disaat suplai darah ke organ jantung tersumbat secara mendadak.

Umumnya gejala serangan jantung ini terjadi karena adanya pembekuan darah pada pembuluh darah jantung, atau adanya aterosklerosis. Gejala serangan jantung bisa berupa sesak napas, nyeri dada, merasa pusing, merasa lemah. Penyebab utamanya ialah karena penyakit jantung koroner.

Penyakit stroke
Penyakit stroke ini merupakan salah satu gangguan pada pembuluh darah yang serius dan mengancam nyawa. Hal ini terjadi lantaran suplai darah ke organ otak mengalami gangguan dan terputus. Akibatnya bisa membuat otak mengalami kerusakan, kelumpuhan, bahkan bisa mengalami kematian.

Salah satu penyebab terjadinya stroke ialah lantaran adanya sumbatan pada pembuluh darah otak oleh bekuan darah yang seharusnya memasok darah serta nutrisi ke otak.