ZEDDO.ID – Penyakit stroke adalah masalah fisik yang dapat dialami baik bagi pria maupun wanita. Terdapat banyak hal yang dapat terganggu akibat penyakit stroke ini, apalagi stroke yang dapat menyebabkan menurunnya fungsi tubuh. Hal ini tentu dapat mengakibatkan aktivitas yang harus dibatasi, termasuk aktivitas seksual. Penyakit stroke juga terdiri dari dua jenis yaitu stroke iskemik dan juga hemoragik.

Penyakit stroke yang dialami khususnya bagi kaum pria, dapat mengganggu aktivitas seksualnya. Berikut ini beberapa masalah seksual yang dapat terjadi pasca mengalami penyakit stroke, yaitu :

Disfungsi Ereksi Temporer
Bagi seseorang yang telah mengalami penyakit stroke, tentu akan terganggu organ vital mereka. Sesaat beberapa bulan setelah pasca stroke terjadi, seorang pria akan mengalami masalah disfungsi ereksi. Akibatnya tubuh akan kesulitan dalam merespon berbagai rangsangan seksual sehingga hubungan intim sulit untuk dilakukan. Hal ini merupakan hal yang normal dan bisa saja terjadi terhadap siapapun yang telah mengalami penyakit stroke, mulai dari penyakit stroke ringan hingga berat.

Jika anda merasa mengalami masalah disfungsi ereksi, hal yang sebaiknya dilakukan ialah dengan mencoba mengatasi masalah tersebut secara perlahan dan tidak terburu-buru. Cara yang bisa dilakukan ialah seperti menjalani hidup sehat, melakukan senam kegel, atau bisa segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Khawatir Stroke Kambuh saat Berhubungan Intim
Hal lainnya pasca masalah penyakit stroke bukan hanya soal fisik, melainkan juga mental. Meskipun dari segi fisik pria mampu mendapatkan ereksi dan menjalankan hubungan intim, akan tetapi dari segi mental mereka merasa khawatir dan cenderung trauma. Dan pada akhirnya aktivitas seksual pun menjadi kurang maksimal dan tidak berjalan dengan baik.

Asalkan pengobatan stroke berjalan dilakukan dengan baik, maka aktivitas seksual bisa dilakukan dengan baik dan komunikasikan dengan pasangan bila ada masalah.

Libido Menurun Secara Signifikan
Penyakit stroke yang datang baik bagi pria ataupun wanita akan menyebabkan terjadinya penurunan libido mereka yang cukup signifikan. Baik pria ataupun wanita akan kehilangan kemampuan mereka dalam menikmati seks, dan akibatnya mereka pun cenderung menolak ajakan pasangan untuk berhubungan intim.

Masalah penurunan libido ini pada dasarnya dapat diatasi dengan berbagai makanan yang dapat meningkatkan gairah, hanya saja tidak banyak makanan yang dapat dikonsumsi bagi yang mengalami masalah penyakit stroke ataupun pasca stroke ini.

Sistem Fungsi Anggota Tubuh yang Menurun
Penyakit stroke ringan dapat mengakibatkan terjadinya kelumpuhan di beberapa titik anggota tubuh manusia, contohnya pada kaki, tangan, ataupun bagian lainnya yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Masalah ini tentu akan mengganggu aktivitas seksual pasutri, baik pria maupun wanita akan mengalami kesulitan untuk melakukan gaya berhubungan intim tertentu. Kondisi ini akan memengaruhi kenikmatan seksual dalam berhubungan intim.