ZEDDO.ID – Tidak seperti penyakit infeksi menular seksual sifilis, ada juga salah satu yang bisa dikatakan umum terjadi, yaitu penyakit infeksi menular seksual chlamydia, dan penyakit gonore atau gonorea, namun pada artikel ini kita akan membahas tentang gonore dulu ya. Infeksi menular seksual yang satu ini sangat umum terjadi di Indonesia dengan total lebih dari dua juta kasus per tahunnya. Dan walaupun sangat umum terjadi, terkadang tidak semua orang memahami penyakit menular seksual yang satu ini dan bertanya tanya gonore penyakit apa, sehingga terlambat mencegahnya. Selain itu, minimnya pengetahuan mengenai penyebab penyakit gonore dan ciri ciri penyakit gonore ini juga menjadi salah satu faktor.

Karena penyakit gonore atau gonorea ini merupakan penyakit seksual yang dapat ditularkan melalui hubungan intim dari pasangan seksual, maka penting untuk mencegahnya agar dapat segera ditangani sedini mungkin dan tidak menularkannya pada pasangan seksual masing masing. Berikut ini untuk lebih lengkapnya mengenai penyakit gonore :

Pengertian Penyakit Gonore

Apa itu gonore sebenarnya ? Jadi penyakit gonore ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang dapat dialami baik pada pria maupun wanita. Penyakit gonore atau sebutan awamnya yaitu “kencing nanah” akan menyebabkan suatu ciri ciri gonore, yaitu keluarnya nanah dari organ reproduksi pria. Disamping itu ciri ciri gonore ini juga ditandai dengan rasa perih saat ingin pipis atau buang air kecil.

Penyebab Penyakit Gonore

Penyebab penyakit gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae. Dan infeksi bakteri ini sering ditemukan penularannya melalui hubungan intim pasangan yang salah satunya termasuk jenis seks oral maupun anal. Seseorang berpotensi lebih tinggi mengalami penyakit gonore ini jika sering mengganti pasangan seksual. Bahkan penyakit gonore ini juga dapat ditularkan ke bayi oleh sang ibu melalui proses persalinan.

Karena sifat bakteri penyakit gonore yang mudah menular melalui hubungan intim, seseorang yang mudah terkena penyakit gonore ini ialah mereka yang sering mengganti pasangan seksual ataupun bekerja sebagai pekerja seksual. Hal yang perlu anda ketahui bahwa penyakit gonore ini tidak dapat ditularkan melalui pelukan, air dari kolam renang, berbagai pakai peralatan makan dan minum, serta dudukan wc toilet.

Gejala Penyakit Gonore

Gejala atau ciri ciri penyakit gonore secara umum akan menyebabkan gejala yang terjadi di organ reproduksi (alat kelamin). Dan yang harus anda pahami ialah bahwa gejala penyakit gonore pada pria dan gejala penyakit gonore pada wanita berbeda. Terlebih lagi, penyakit gonore pada wanita seringkali jarang menunjukkan gejala.

Gejala & ciri ciri penyakit gonore pada pria :

  • Terasa sakit atau nyeri pada saat hendak buang air kecil.
  • Terjadinya keluar nanah pada bagian ujung organ reproduksi pria.
  • Terjadinya pembengkakan yang disertai rasa nyeri pada salah satu testis.
  • Terjadinya pembengkakan yang disertai kemerahan pada bagian ujung organ reproduksi pria.

 

Gejala & ciri ciri penyakit gonore pada wanita :

  • Terasa sakit atau nyeri pada saat hendak buang air kecil dan berhubungan intim.
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  • Merasa sakit perut dan panggul.
  • Mengalami keputihan.
  • Mengeluarkan darah usai berhubungan intim.
  • Mengeluarkan darah bahkan saat sedang tidak mengalami menstruasi.

Selain pada organ reproduksi, penyakit gonore juga bisa terjadi pada organ yang lainnya, dan setiap organ memiliki ciri ciri gonore yang berbeda pula, diantaranya :

  • Penyakit gonore pada anus, ciri ciri gonore pada anus dapat berupa rasa gatal di anus, hingga keluarnya darah maupun nanah.
  • Penyakit gonore pada sendi, ciri ciri gonore pada sendi dapat berupa radang persendian, seperti timbul kemerahan, terjadinya pembengkakan, hingga nyeri disaat digerakkan.
  • Penyakit gonore pada tenggorokan, ciri ciri gonore pada tenggorokan dapat berupa sakit pada tenggorokan yang sulit sembuh, hingga timbulnya benjolan di leher (terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening).
  • Penyakit gonore pada mata, ciri ciri gonore pada mata dapat berupa mata memerah dan keluarnya nanah dari mata, hingga sensitif terhadap cahaya.

Penyakit gonore juga dapat dialami oleh bayi karena ditularkan oleh ibunya disaat persalinan normal. Disaat bayi baru lahir, penyakit gonore ini akan mengakibatkan mata sang bayi memerah, bengkak, hingga mengeluarkan cairan nanah. Gejala penyakit gonore ini umumnya akan muncul setelah dua minggu pertama usai lahir.

Pengobatan Penyakit Gonore

Pengobatan gonore yang pertama dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik karena infeksi menular seksual ini dikarenakan bakteri. Dan tidak hanya penderita penyakit gonore saja yang harus diobati, tetapi juga pasangan seksualnya, hal ini karena pasangan seksual juga memiliki potensi tinggi untuk mengalami penyakit gonore ini. Dan usai sembuh pun tidak menutup kemungkinan seseorang dapat mengalami penyakit gonore ini kembali.

Pencegahan Penyakit Gonore

Penyakit gonore ini ditularkan melalui hubungan intim dengan pasangan yang mengalami gonore ini, tidak terkecuali pun melalui seks anal maupun oral. Maka dari itu, tips mencegah penyakit gonore ini ialah dengan melakukan hubungan intim yang aman, yaitu dengan menggunakan pengaman atau alat kontrasepsi kondom dan sebaiknya tidak mengganti ganti pasangan.