masa subur perempuan

ZEDDO.ID – Ingin memiliki buah hati namun belum tercapai? Mungkin anda belum mengetahui tentang masa subur perempuan, sebab masa subur perempuan juga berperan besar dalam peluang terjadinya kehamilan lho! Sebagai seorang pria, ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai masa subur perempuan terlebih dahulu. Nah, berikut ini beberapa hal diantaranya :

Ketahui Tanda Masa Subur Perempuan
Ada beberapa hal yang menjadi tanda masa subur perempuan mulai dari pada masa awal hingga masa puncaknya. Tanda yang pertama ialah adanya perubahan cairan pada bagian serviks yang berubah menjadi warna putih jernih dan lengket seperti putih telur mentah. Perubahan ini akan membantu cairan sperma pria saat berenang kedalam ovarium. Tanda yang lainnya ialah, pasangan anda akan merasa lebih bergairah daripada biasanya untuk berhubungan intim, hal ini terjadi karena dipicu oleh hormon pada perempuan.

Cek Suhu Tubuh Basal Pasangan
Masa subur perempuan lainnya bisa dicek dengan suhu tubuh basal pasangan anda, apakah terjadi peningkatan suhu tubuhnya. Umumnya perempuan yang sedang tidak dalam masa subur, memiliki suhu tubuh normal antara 36-37 derajat celcius. Namun pada saat memasuki fase ovulasi, suhu tubuh perempuan bisa meningkat sekitar 0,5 hingga 1 derajat celcius. Pasangan anda bisa melakukan cek suhu tubuhnya dengan termometer untuk mengetahui hal ini dan gunakan di mulut untuk lebih efektif.

Menentukan Siklus Haid Pasangan
Masa menstruasi atau siklus haid perempuan terhitung dari awal pertama kali mengalami menstruasi pada bulan ini hingga awal pertama menstruasi pada bulan yang berikutnya. Siklus haid perempuan yang normal umumnya berlangsung selama 22 hari hingga 35 hari. Setiap perempuan memiliki dua ovarium yang memiliki 200 ribu hingga 400 ribu sel telur yang belum matang pada masing masing ovarium. Pada saat siklus haid, ada beberapa sel telur yang matang akan dilepas oleh ovarium menuju tuba faloppi agar dapat dibuahi oleh sel sperma. Saat inilah yang menjadi masa subur perempuan.

Cek Tanggal Masa Subur Perempuan
Jika pasangan memiliki siklus haid yang teratur seharusnya ini bukanlah hal yang sulit, anda bisa memperkirakan masa subur perempuan ialah sekitar 2 minggu atau 14 hari sebelum hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Manfaatkan momen momen tersebut untuk meningkatkan peluang kehamilan pasangan anda.

Coba Lakukan Tes Ovulasi
Pada masa ovulasi, akan terjadi dimana pelepasan sel telur dari ovarium menuju ke tuba faloppi yang menandakan bahwa sel telur tersebut siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Nah, pada saat saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual dan meningkatkan peluang kehamilan pasangan anda. Anda bisa mengetahui kapan terjadinya ovulasi ini dengan menggunakan alat pendeteksi yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat. Untuk cara penggunaannya pun sama seperti pada saat menggunakan alat tes kehamilan test pack.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang masa subur perempuan untuk meningkatkan peluang kehamilan pasangan.