rambut botak

ZEDDO.ID – Masalah kebotakan atau rambut botak yang dialami oleh sebagian pria merupakan hal yang bisa membuat kepercayaan diri menurun, bagi sebagian besar pria memang masalah rambut botak ini benar-benar tidak diinginkan dan hanya sedikit pria yang merasa percaya diri dengan kebotakan yang dialaminya. Namun ada juga yang bahkan dengan sengaja membuat kepala botak meski tidak mengalami kebotakan yang parah.

Menurut pakar kesehatan, seorang pria yang mengalami kebotakan secara alami ini lebih rentan mengalami masalah kanker prostat, mengejutkan bukan? Seperti yang kita ketahui bahwa kanker prostat ini merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti bagi para pria. Lalu bagaimana bisa hal ini terjadi?

Seorang pakar kesehatan yaitu Dr. Neil Fleshner yang berasal dari University of Toronto, Kanada, ia menyarankan agar para pria yang tengah mengalami masalah rambut botak ini untuk melakukan pemeriksaan atau biopsi, hal ini guna membantu mengetahui apakah mereka memiliki risiko tinggi mengalami kanker prostat atau tidaknya.

Sementara itu, Dr. Neil juga mengungkapkan bahwa dalam sebuah penelitian yang dilakukannya tersebut ia menemukan sebuah fakta bahwa seorang pria dengan kepala botak memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kanker prostat hingga 95 persen. Lalu mengapa kanker prostat ini erat kaitannya dengan kepala botak yang dialami pria dengan masalah kebotakan tersebut?

Kepala Botak dan Kanker Prostat

Apa sih yang menjadi masalah antara kepala botak dengan risiko kanker prostat ini sebenarnya? Jika dilihat secara fisik tentu tidak terlihat ada hubungannya. Namun mari kita dengarkan apa yang menjadi penyebab meningkatnya risiko kanker prostat tersebut.

Dr. Neil mengatakan bahwa yang menjadi penyebab meningkatnya risiko ini ialah terletak pada hormon androgen, hormon androgen ini juga meliputi hormon testosteron yang memiliki kemampuan mengganggu pertumbuhan rambut kepala dan membuat perkembangan sel kanker prostat. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, pria dengan kepala botak ini mengalami peningkatan secara signifikan terhadap kadar androgen dihydrotestosterone atau DHT, dengan begitu terjadilah dampak tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil ialah memang ada kaitannya antara kepala botak akibat kebotakan alami dengan kanker prostat tersebut, maka dari itu untuk para pria khususnya dengan masalah kebotakan harus waspada terhadap masalah ini.