ZEDDO.ID – Di artikel sebelumnya sudah membahas mengenai salah satu penyakit menular seksual trikomoniasis, namun masih ada banyak jenis infeksi menular seksual yang salah satunya seperti Human Papillomavirus atau HPV ini. Apa itu penyakit HPV dan apa saja gejala HPV tersebut ? Berikut ini artikel selengkapnya.

Pengertian Penyakit HPV

Mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu penyakit HPV atau infeksi HPV, jadi penyakit HPV adalah sejenis infeksi menular seksual yang terjadi karena serangan virus Human Papillomavirus atau HPV untuk singkatnya, sehingga terjadinya infeksi pada permukaan kulit seseorang, bahkan dapat memicu terjadinya kanker serviks pada wanita. Human Papillomavirus adalah virus yang sangat umum terjadi dengan total lebih dari dua juta kasus per tahun di Indonesia.

Penyebab Penyakit HPV

Penyebab penyakit HPV dapat terjadi karena penularan saat kontak langsung dengan kulit penderita HPV. Virus HPV ini dapat hidup didalam sel permukaan kulit yang masuk melalui luka. Dan sebagian besar pula virus HPV ini dapat menyebabkan tumbuhnya kutil pada salah satu bagian anggota tubuh, dan bagi ibu hamil juga bisa menularkan virus ini ke bayinya saat persalinan.

Gejala dan Ciri Ciri Penyakit HPV

Infeksi HPV atau Human Papillomavirus ini seringkali tidak menyebabkan tanda ataupun ciri ciri penyakit HPV ini yang membuatnya sulit untuk diketahui secara fisik. Akan tetapi, pada beberapa kasus diketahui bahwa virus HPV ini mampu bertahan bahkan membuat timbulnya gejala, yaitu berupa kutil pada permukaan kulit. Dan kutil ini sendiri bisa tumbuh di beberapa bagian seperti lengan, wajah, bahkan pada organ vital. Ini dia beberapa tanda kutil di kulit berdasarkan bagian tumbuhnya :

  • Pada Bahu, lengan, maupun pada jari tangan
    Kutil yang muncul pada area ini akan membentuk sebuah benjolan yang terasa cukup kasar, dan kutil ini bisa menyebabkan rasa sakit bahkan rentan terjadi pendarahan.
  • Pada telapak kaki
    Kutil yang muncul pada area ini akan membentuk sebuah benjolan yang terasa kasar, akibatnya menyebabkan rasa tidak nyaman pada saat sedang menapakkan kaki.
  • Pada area wajah
    Kutil yang muncul pada area ini akan membentuk permukaan yang datar, dan pada anak anak umumnya sering timbul pada bagian rahang bawah.
  • Pada organ vital atau kelamin
    Kutil yang muncul pada area ini akan membentuk seperti sebuah kembang kol, dan bisa muncul pada organ vital pria maupun wanita. Selain pada organ vital, kutil ini juga bisa muncul pada area dubur (bokong) dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti rasa gatal.

Penyebab Penyakit HPV

Penyebab penyakit HPV ini ada beberapa faktor, salah satunya seperti melakukan kontak langsung dengan orang yang mengalami infeksi HPV ini. Sebab virus HPV dapat hidup di sel permukaan kulit yang masuk melalui bagian kulit yang terbuka seperti luka di kulit. Sebagian besar infeksi virus HPV ini akan menyebabkan tumbuhnya kutil pada bagian tubuh dan sebagian kecil lainnya penularan HPV ini melalui hubungan seksual. Dan pada ibu hamil pun bisa melakukan penularan HPV ini ke bayinya pada saat melahirkan.

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko infeksi virus HPV ini, diantaranya :

  • Sering mengganti pasangan seksual atau bekerja sebagai pekerja seks.
  • Daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Memiliki penyakit menular seksual lainnya seperti gonore atau chlamydia.
  • Adanya luka terbuka pada kulit tubuh.
  • Melakukan hubungan seks anal.

Cara Pencegahan Penyakit HPV

Cara mencegah penyakit HPV ini ialah dengan melindungi diri dan meminimalisir risiko terinfeksi penyakit HPV. Langkah utama yang perlu dilakukan ialah dengan melakukan vaksinasi HPV agar dapat mencegah infeksi HPV yang berisiko pada terjadinya kanker serviks pada wanita. Disamping itu ada beberapa langkah pencegahan infeksi HPV ini, diantaranya :

  • Lakukan pemeriksaan secara rutin
    Selalu cek kondisi secara rutin ke dokter, hal ini penting untuk mendeteksi secara dini jika memang terinfeksi HPV. Dengan begitu infeksi HPV ini dapat lebih mudah ditangani.
  • Jangan menyentuh kutil secara langsung
    Tidak disarankan untuk menyentuh atau melakukan kontak langsung pada kutil dengan kulit, jika memang tidak sengaja tersentuh, segera cuci tangan dengan bersih agar virus HPV tidak menempel di sel kulit.
  • Lakukan hubungan seks yang aman
    Jangan sering berganti pasangan seksual dan memang sebaiknya tidak dilakukan, selain itu penggunaan kondom juga disarankan.
  • Gunakan alas kaki
    Penggunaan alas kaki ini bermaksud untuk terhindar dari penularan HPV di tempat umum.