kanker pada alat vital pria kanker penis

ZEDDO.ID – Permasalahan kanker memang tidak mengenal gender atau jenis kelamin, baik pria maupun wanita bisa mengalami penyakit kanker dan bervariasi jenis kanker yang dialaminya. Namun umumnya pria sering mengalami penyakit kanker ini dikarenakan pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok bahkan sejak usia muda yang menyebabkan munculnya kanker paru-paru, atau ada juga kanker prostat yang dialami pria, sementara itu ada lagi kanker lainnya seperti halnya kanker yang terjadi pada alat vital pria (kanker penis).

Kanker Pada Alat Vital Pria

Selain kanker pada bagian paru-paru dan pada prostat yang dialami para pria, alat vital pria juga tidak luput dari serangan penyakit kanker, meski kasusnya tidak sebanyak kedua penyakit kanker tersebut. Berikut ini akan kita bahas mengenai penyakit kanker pada alat vital pria ini secara lengkap yang jarang sekali diketahui oleh para pria :

Jenis kanker ini cukup jarang terjadi
Walaupun penyakit kanker ini bisa dialami pria, namun pada faktanya hingga saat ini penyakit kanker pada alat vital pria ini cukup jarang, bahkan kasusnya sendiri sangat jarang di Amerika. Tapi ada yang perlu digarisbawahi, bahwa meski jarang terjadi bukan berarti aman. Sebab efek dari penyakit kanker yang satu ini cukup berisiko, bahkan bisa memicu terjadinya kematian pada seseorang.

Kanker pada alat vital pria ini bisa menyebabkan gangguan yang serius, khususnya terhadap kemampuan reproduksi pria dan seksual pria yang akan menurun secara signifikan. Begitu pula dengan komplikasi lain yang bisa terjadi apabila sel kanker ini menyebar dan menyerang ke bagian tubuh lain di bagian tengah.

Berisiko tinggi pada pria yang tidak disunat
Kanker pada alat vital pria ini kurang lebih memiliki pemicu yang sama seperti halnya kutil kelamin. Jika virus HPV yang menular masuk ke tubuh atau menempel pada alat vital pria maka masih ada kemungkinan untuk menjadi sel kanker, walau pada umumnya virus HPV ini lebih banyak menyebabkan kutil.

Selain melalui penularan virus HPV secara kontak fisik, peluang terjadinya penyakit kanker pada alat vital pria juga bisa dialami bagi pria yang tidak disunat. Sebab pria yang tidak disunat itu pada area kulup alat vitalnya cenderung lebih kotor, sehingga banyak bakteri atau virus bisa dengan mudah berkembang biak disana.

Sering terjadi pada usia senja
Penyakit kanker pada alat vital pria ini umumnya akan mudah dan sering terjadi pada saat memasuki usia tua atau usia senja. Sebab pada saat-saat inilah daya tahan tubuh akan semakin menurun, disamping itu kanker ini juga perkembangannya termasuk lama.

Berubahnya kulit pada alat vital pria
Salah satu indikasi dari penyakit kanker pada alat vital pria ini ialah ditandai dengan adanya perubahan warna kulitnya yang menjadi kemerahan pada bagian kepala (glans). Namun hal ini tidak terjadi di fase awal sehingga banyak pria yang mengira kondisi alat vitalnya dalam keadaan sehat-sehat saja.

Panektomi alat vital pria
Jika pria bisa mengetahui sejak dini maka kanker pada alat vital pria ini bisa segera diatasi dan disembuhkan. Namun kebanyakan pria mengetahuinya saat sudah memasuki tahap serius atau sudah parah, karena memang fase awalnya yang sulit diketahui. Jika kanker sudah menjalar ke seluruh permukaan alat vital pria, maka hal yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan panektomi secara sebagian atau secara keseluruhan.

Panektomi ini merupakan pemotongan alat vital pria, khususnya pada bagian batang agar sel kanker tidak menyebar lebih jauh ke tubuh. Dengan begitu, sel kanker tidak sempat menyebar ke organ yang lainnya dan memberi komplikasi lebih jauh lagi.

Itu dia beberapa informasi terkait kanker pada alat vital pria yang perlu diketahui, khususnya bagi para pria ya.