cara menambah daya tahan tubuh

ZEDDO.ID – Karena dampak pandemi yang kini tengah melanda di berbagai negara termasuk Indonesia, penting untuk melindungi diri dengan cara menambah daya tahan tubuh dan tetap berdiam diri di rumah agar tidak terserang virus yang satu ini. Virus corona yang juga dikenal sebutan Covid-19 ini bisa tertular pada siapa saja dan usia berapa saja, maka dari itu kita disarankan untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah dan menjaga daya tahan tubuh selama pandemi ini.

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Karena aktivitas diluar rumah dikurangi akibat wabah yang tengah terjadi, sebagian hal jadi harus ditunda dulu untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Termasuk berolahraga seperti lari pagi dan senam aerobik bersama yang biasa dilakukan di lapangan terbuka yang harus ditunda dulu, namun masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai solusi lain cara menambah daya tahan tubuh selama dirumah saja saat pandemi ini.

Berikut ini beberapa cara menambah daya tahan tubuh selama dirumah saja yang dibicarakan oleh Hendri Pardede, healthy lifestyle coach agar dapat melindungi tubuh dari virus corona ini.

Nutrition
Cara menambah daya tahan tubuh yang pertama ialah nutrition atau nutrisi, menurut Hendri ia mengatakan bahwa apa yang Anda makan akan menentukan kualitas daya tahan tubuhnya. Untuk itulah Anda harus konsumsi makronutrisi dan mikronutrisi yang seimbang.

Untuk kebutuhan makronutrisi ialah konsumsi ragam makanan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat dan lemak. Sementara kebutuhan mikronutrisi ialah konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin serta mineral.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ialah cara memasak atau mengolah makanan tersebut, karena turut berpengaruh terhadap kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Maka dari itulah disarankan untuk diolah dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis.

Berolahraga
Cara menambah daya tahan tubuh yang kedua ialah olahraga selama di rumah aja. Meskipun beberapa olahraga jadi terganggu karena tidak bisa keluar rumah, bukan berarti tidak bisa berolahraga sama sekali. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan meski di rumah sekalipun.

Anda bisa melakukan yoga di rumah, senam ringan, angkat beban, ataupun olahraga seperti push up, squat jump, dan lainnya yang meningkatkan metabolisme tubuh. Lakukanlah setiap harinya setidaknya selama 30 menit dengan intensitas rendah. Karena tujuannya memang agar metabolisme tubuh jadi lancar, membakar lemak di tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah, daya tahan tubuh pun turut meningkat.

Cukupi kebutuhan dehidrasi
Mencukupi kebutuhan hidrasi atau cairan tubuh juga merupakan satu cara menambah daya tahan tubuh, karena kekurangan cairan tubuh bisa menurunkan metabolisme tubuh, lalu imunitas tubuh yang akhirnya tubuh akan jadi lemas. Hendri juga mengatakan agar minum air mineral sebanyak dua liter hingga dua liter setengah tiap harinya.

Istirahat yang cukup
Mendapatkan waktu istirahat yang cukup itu penting dan merupakan cara menambah daya tahan tubuh. Sebab pada saat beristirahat, tubuh akan memperbaiki sel tubuh yang rusak dan meregenerasi energi tubuh agar dapat beraktivitas kembali di pagi harinya. Tidur selama kurang lebih 7-8 jam tiap malamnya untuk menjaga imunitas tubuh.

Berjemur di pagi hari
Cara menambah daya tahan tubuh lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah ialah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Berjemur dibawah panas matahari pagi itu baik karena meningkatkan vitamin D, dan Anda mendapatkan vitamin ini secara gratis. Berjemurlah selama kurang lebih 15 menit.