cara menjaga stamina tubuh

ZEDDO.ID – Usai beraktivitas seharian penuh, tentu ada saatnya dimana tubuh terasa lelah dan stamina pun terkuras habis. Lalu bagaimana cara menjaga stamina tubuh saat sedang sibuk?

Terkadang kita memang diharuskan oleh keadaan untuk banyak beraktivitas, misalnya karena tuntutan pekerjaan yang membuat kita banyak mengeluarkan stamina dan merasakan kelelahan. Hal ini tentu akan membuat kita jadi sulit konsenterasi akibat kelelahan, dan berikut ini cara menjaga stamina tubuh agar bisa tetap fokus.

Luangkan waktu dan aktif bergerak

Salah satu pemicu Anda mengalami kelelahan ialah karena salah dalam membagi waktu kerja tubuh, sehingga tubuh bekerja berlebihan dari yang seharusnya. Memang sih cukup sulit bagi kita untuk paham bahwa sudah saatnya beristirahat, apalagi disaat sedang pekerjaan yang sedang di buru-buru.

Tetapi kita juga perlu memahami kesehatan tubuh, jika memang tubuh mengalami kelelahan atau fokus mulai hilang, itu artinya tubuh sudah mencapai batas. Maka sewajarnya bagi Anda untuk beristirahat sejenak guna mengisi tenaga, Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu seperti ini dengan menutup mata dan membuat pikiran rileks.

Terlalu banyak menghabiskan waktu didalam ruangan tentu membuat jenuh dan lelah, maka dari itulah cara menjaga stamina tubuh yaitu dengan meluangkan sejenak waktu Anda untuk mendapatkan hangatnya sinar mentari.

Sebab pancaran matahari dapat memberi stimulasi pada otak untuk memberikan isyarat kepada tubuh kita agar meningkatkan energi. Disamping itu otak pun jadi terasa lebih segar lantaran tidak di ruangan terus menerus.

Jangan lupa juga untuk aktif bergerak, karena ini merupakan salah satu cara menjaga stamina tubuh yang mudah. Karena dengan aktif bergerak dapat memicu terjadinya peningkatan energi tubuh lho, makanya seseorang yang aktif secara fisik itu cenderung tak mudah lelah.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dan makanan sehat

Cara menjaga stamina tubuh selanjutnya ialah dengan selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena kurangnya cairan tubuh juga dapat memecah persediaan energi tubuh lho, bahkan bisa mengacaukan kinerja tubuh. Akibatnya Anda pun bisa merasakan lelah dan letih, bahkan tidak bersemangat.

Lebih lanjut lagi, kekurangan cairan tubuh bagi manusia juga bisa membuat sulit konsenterasi. Ini dikarenakan air itu membantu mendukung kinerja seluruh organ tubuh, termasuk organ otak. Maka dari itu jangan sampai padatnya aktivitas membuat Anda lupa dengan kebutuhan cairan tubuh ya.

Selain cairan tubuh, cara menjaga stamina tubuh yang tidak boleh dilupakan ialah dengan makan tepat waktu dan tentunya makan makanan yang sehat. Karena makanan bertugas dalam memberi suplai energi bagi kita yang dipergunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Disaat tubuh bekerja selama beberapa waktu, tentu energi akan terkuras dan memakan sesuatu ialah hal yang diperlukan untuk mendapatkan energi tambahan tersebut. Jika tidak maka Anda akan mengalami kelelahan fisik. Hal penting lainnya mengenai asupan nutrisi ialah konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, serta mineral dalam jumlah yang tepat.