makanan untuk meningkatkan kesuburan pria

ZEDDO.ID – Bagi para pria yang ingin sehat ataupun sedang dalam program kehamilan dengan pasangan, penting banget untuk menjaga kesuburan pria. Sebab peluang terjadinya kehamilan pasangan itu juga ditentukan oleh kesuburan seorang pria. Selain gaya hidup sehat yang perlu diatur, berikut ini ada beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang para pria perlu tahu nih! Berikut ini ulasannya.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Masalah ketidaksuburan pada pria (infertilitas) juga menjadi salah satu masalah seksual pria yang perlu ditangani, karena masalah ketidaksuburan ini akan mengganggu dan menyulitkan pria dalam membuahi pasangan. Untuk mengatasi masalah kesuburan pria tidak bisa diatasi dengan konsumsi obat, melainkan dengan gaya hidup yang perlu diubah, termasuk konsumsi makanan yang perlu diatur dengan baik yaitu konsumsi berbagai makanan untuk meningkatkan kesuburan pria. Berikut ini beberapa daftar makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa anda coba konsumsi.

Gandum utuh
Makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa dikonsumsi lainnya yaitu gandum utuh. Gandum utuh ini memiliki nutrisi yang baik untuk sperma pria, yaitu adanya folat atau vitamin B9. Pria membutuhkan folat ini karena berguna untuk meningkatkan kualitas sperma guna membuahi sel telur pada wanita.

Kacang dan biji-bijian
Kacang dan biji-bijian memiliki vitamin E, sebuah nutrisi yang baik bagi sperma pria. Kandungan vitamin E ini nutrisi penting yang menghalangi terjadinya kerusakan sperma pria.

Sayuran hijau
Sayuran juga termasuk kedalam makanan untuk meningkatkan kesuburan pria, sebab adanya kandungan asam folat atau vitamin B9. Seperti yang dijelaskan pada gandum utuh, bahwa nutrisi ini sangat penting dan baik untuk kesuburan pria.

Baca Juga : Ini Makanan yang Bikin Alat Vital Pria Anda Beraroma Tak Sedap

Makanan laut
Selain sayuran, makanan laut juga merupakan makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang perlu diketahui. Makanan laut memiliki nutrisi yang baik bagi pria, sebab makanan laut ini memang makanan untuk meningkatkan kualitas sperma, dengan kandungan vitamin B12. Ini dikarenakan memang vitamin B12 ini dapat meningkatkan kualitas sperma pria dengan baik dan menyeluruh.

Berdasarkan riset didalam jurnal Biomolecules, dikatakan bahwa sebuah makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 mampu meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, sampai mengurangi kerusakan pada DNA sperma pria.

Tiram
Tiram merupakan salah satu diantara makanan untuk meningkatkan kesuburan pria karena mampu meningkatkan kualitas sperma pria yang dihasilkan. Di dalam tiram terdapat kandungan zinc yang merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pria.

Kandungan ini sebenarnya juga bisa ditemukan di beberapa makanan lainnya, yaitu daging merah, kepiting, serta beberapa produk olahan susu. Bagi pria yang konsumsi zinc memungkinkan untuk mengalami peningkatan kadar hormon testosteron dan jumlah sperma yang dihasilkan.

Telur
Makanan yang satu ini sudah umum dong untuk dikonsumsi, tahu tidak bahwa telur ini merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kesuburan pria karena kandungan asam lemak omega-3 yang ada didalamnya. Asam lemak ini sangat baik untuk meningkatkan jumlah sperma pria, motilitas sperma pria, hingga morfologi sperma pria.

Jamur
Jamur juga merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa anda konsumsi lho. Karena makanan ini memiliki vitamin D yang baik untuk sperma pria. Vitamin D merupakan nutrisi yang penting dalam kesuburan pria karena membantu meningkatkan motilitas sperma pria (pergerakan sperma). Selain jamur, makanan yang mengandung vitamin D lainnya juga bisa dikonsumsi.

Itu dia beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria yang bisa anda konsumsi, khususnya bagi anda yang sedang program kehamilan dengan pasangan.